Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Venesia Bakal Masuk Daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO?

KOMPAS.com – Venesia di Italia direkomendasikan untuk menjadi bagian World Heritage in Danger atau daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO.

Melansir dari CNN Travel, rekomendasi tersebut telah dirumuskan hari Senin (21/6/2021) setelah pembuatan laporan konservasi tahunannya.

Adapun, kemungkinan Venesia untuk dimasukkan ke dalam daftar tersebut telah ditambahkan ke agenda sementara untuk sesi pleno pada 16-31 Juli 2021.

Keputusan akhir berada di pihak Komite Warisan Dunia.

Kapal pesiar yang berlayar di antara pusat kota yang bersejarah merupakan salah satu “ancaman” yang disebutkan dalam laporan tersebut.

Pada bulan Maret, pemerintah pusat telah mengeluarkan dekrit yang isinya melarang keberadaan kapal berukuran besar, termasuk kapal pesiar. Pemerintah juga menuntut dibukanya tender pengadaan pelabuhan di luar laguna.

Namun, kapal tetap dijadwalkan berlabuh di laguna sampai pelabuhan baru dibangun. Sementara, otoritas kota mendorong adanya pelabuhan industri di dalam kawasan laguna, meski bukan di pusat kota.

Pada saat yang bersamaan, pelabuhan komersil belum siap dipakai untuk kapal pesiar.

“Meski larangan hukum untuk kapal lebih dari 40.000 gross ton untuk memasukki Venesia sudah ada, namun (larangan) itu tidak memiliki dampak, lantaran tidak ada alternatif untuk menambatkan kapal-kapal besar ini,” tulis UNESCO dalam laporannya.

UNESCO juga menyarankan pemerintah untuk secepatnya mencari solusi jangka panjang, memprioritaskan larangan kapal besar berlayar di laguna, dan mengarahkan kapal besar tersebut ke pelabuhan yang lebih sesuai.

Mass tourism atau pariwisata massal juga menjadi tantangan lain bagi Venesia.

Selain itu, UNESCO mencatat adanya penurunan jumlah penduduk tetap dan masalah di pemerintahan serta pengelolaan.

“Ini bukan sesuatu yang kita ajukan dengan enteng. (Tindakan) ini bertujuan membuat komunitas internasional waspada untuk melakukan tindakan yang lebih guna menyelesaikan masalah ini bersama-sama,” kata Direktur World Heritage Center Mechtild Roessler kepada Associated Press, Jumat (25/6/2021).

Kendati demikian, Venesia masih bergantung pada wisatawan. Kota tersebut telah kehilangan pendapatan serta pengurangan transportasi umum secara drastis.

Sejumlah rencana dan program untuk sektor pariwisata Venesia telah dibuat.

Salah satu rencana tersebut adalah sistem reservasi yang diharapkan bisa diluncurkan tahun 2022. Sistem tersebut membantu mengelola wisatawan harian.

Mewujudkan pariwisata yang lebih berkelanjutan di Venesia membutuhkan banyak tindakan.

Adapun, tindakan yang dimaksud adalah mengarahkan wisatawan ke destinasi-destinasi baru, mengajak wisatawan untuk menghabiskan lebih dari sehari di kota tersebut, melarang adanya wisata harian, dan memungkinkan adanya repopulasi kota dengan penduduk baru.

Selain Venesia, kawasan wisata alam Great Barrier Reef di Australia juga rencananya akan dimasukkan ke dalam daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/26/081100727/venesia-bakal-masuk-daftar-warisan-dunia-yang-terancam-punah-unesco-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke