Salin Artikel

Semua Tempat Wisata di 6 Kabupaten Jawa Tengah Ini Tutup, Jangan Sampai Kecele

KOMPAS.com – Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia mengharuskan beberapa daerah untuk kembali memperketat pembatasan kegiatan masyarakat.

Pemerintah pusat juga telah memberlakukan pengetatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro mulai Selasa (22/6/2021) sampai Senin (5/7/2021) atau selama dua minggu.

Diberitakan Kompas.com, Senin (21/6/2021), salah satu aturan pengetatan PPKM mikro itu adalah tempat wisata di zona merah wajib tutup.

Adapun Provinsi Jawa Tengah juga kini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Beberapa zona merah pun bermunculan.

Alhasil, sektor pariwisata kembali terdampak. Banyak tempat wisata yang diminta tutup sementara.

Berikut ini adalah lima kabupaten di Jawa Tengah yang saat ini, Senin (28/6/2021), menutup semua tempat wisatanya:

1. Kabupaten Purbalingga

Kabupaten Purbalingga punya tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya berada di sisi tenggara Gunung Slamet.

Tempat wisata di Purbalingga, seperti Kutabawa Flower Garden, Lembah Asri, Owabong, dan Golaga, selalu jadi tujuan wisatawan saat akhir pekan.

Namun, tempat wisata di Purbalingga tutup untuk sementara sejak Senin (26/6/2021). Rencananya, penutupan hanya berlangsung seminggu. Namun, akhirnya penutupan diperpanjang sampai Senin (5/7/2021).

2. Kabupaten Klaten

Kabupaten Klaten terkenal akan umbul-umbulnya (pemandian dengan mata air alami) yang menyegarkan.

Beberapa tempat wisata, seperti Umbul Manten dan Umbul Ponggok, hampir selalu menjadi tujuan wisatawan saat akhir pekan.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (22/6/2021), semua tempat wisata di Klaten diminta tutup sejak Senin (21/6/2021).

3. Kabupaten Wonogiri

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, sektor pariwisata di Kabupaten Wonogiri tengah perlahan bangkit.

Satu per satu tempat wisata mulai bermunculan, seperti Kitagawa Pesona Bali, Museum Sewu Rai, Infinity Pool Soko Langit, dan spot panorama Watu Cenik.

Namun, pandemi Covid-19 membuat tempat wisata di Wonogiri beberapa kali tutup. Setelah sempat buka lagi, tempat wisata di Wonogiri harus kembali tutup sejak Rabu (16/7/2021).

4. Kabupaten Boyolali

Tempat wisata di Kabupaten Boyolali kebanyakan tersebar di Kecamatan Selo yang ada di antara Gunung Merapi dan Merbabu.

Selain itu, Boyolali juga punya umbul-umbul yang keren. Salah satunya adalah Umbul Pengging yang memiliki nuansa kerajaan.

Adapun semua tempat wisata di Kabupaten Boyolali diminta tutup sejak Selasa (22/6/2021).

5. Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang kaya akan tempat wisata. Mulai dari wisata alam sampai buatan, semua ada di sana.

Beberapa tempat wisata yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan adalah Dusun Semilir Bawen, Umbul Sidomukti, dan Taman Bunga Celosia Bandungan.

Sayangnya, semua tempat wisata itu diminta tutup untuk sementara sejak Sabtu (26/6/2021) sampai waktu yang belum ditentukan.

6. Kabupaten Magelang

Pemerintah Kabupaten Magelang akhirnya ikut memutuskan untuk menutup sementara semua tempat wisata melalui surat edaran (SE) yang ditandatangani Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang Achmad Husein, Senin (28/6/2021).

Kabupaten Magelang sendiri punya banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah, seperti Silancur Highland dan Nepal van Java.

Salah satu poin SE itu adalah meminta semua tempat wisata alam, buatan, budaya, dan religi, serta tempat hiburan untuk tutup mulai Selasa (29/6/2021).

https://travel.kompas.com/read/2021/06/28/211540827/semua-tempat-wisata-di-6-kabupaten-jawa-tengah-ini-tutup-jangan-sampai-kecele

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.