Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dikepung Zona Merah, Pendakian Gunung Merbabu Tutup Lagi Mulai 29 Juni 2021

KOMPAS.com – Pihak Taman Nasional Gunung Merbabu kembali menutup seluruh aktivitas pendakian mulai Selasa (29/6/2021).

Hal itu karena semua jalur pendakian Gunung Merbabu yang ada di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Magelang berada dalam zona merah Covid-19.

Satu-satunya jalur pendakian Gunung Merbabu yang masih buka, yakni via Suwanting pun harus tutup lantaran Kabupaten Magelang masuk zona merah.

Adapun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melalui Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga nomor 556/447/19/2021 meminta semua daya tarik wisata untuk tutup mulai Selasa (29/6/2021).

Sementara itu, dua kabupaten lain yang jadi pintu gerbang pendakian Gunung Merbabu, yakni Boyolali dan Semarang sudah terlebih dahulu masuk dalam zona merah.

Penutupan kembali jalur pendakian Gunung Merbabu

Pendakian Gunung Merbabu sendiri baru saja buka pada Senin (14/6/2021) sebelum Kembali tutup pada Selasa (29/6/2021).

Pengumuman mengenai penutupan aktivitas pendakian Gunung Merbabu itu tercantum dalam postingan akun Instagram Taman Nasional Gunung Merbabu di @btn_gunung_merbabu, Senin (28/6/2021).

Oleh karena itu, sambung caption, calon pendaki yang sudah mendapat kode booking sampai Bulan Juli tidak dapat digunakan.

Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi yang ada di tiga kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Dua jalur pendakian, yakni via Thekelan dan Cunthel berada di Kabupaten Semarang. Kemudian, jalur pendakian via Selo ada di Kabupaten Boyolali. Terakhir, adalah via Suwanting dan via Wekas yang ada di Kabupaten Magelang.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/29/060600027/dikepung-zona-merah-pendakian-gunung-merbabu-tutup-lagi-mulai-29-juni-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke