Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nekat Datang ke Pantai Saat PPKM Darurat, Puluhan Wisatawan di Gunungkidul Putar Balik

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menghalau puluhan pengunjung yang nekat datang ke kawasan wisata pantai.

Adapun sebagian besar pengunjung berasal dari kawasan Jawa Tengah.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, pada hari Minggu (4/7/2021) masih ada puluhan kendaraan baik roda dua dan empat yang datang ke kawasan pantai Gunungkidul.

Mereka tetap disuruh putar balik meski sudah jauh-jauh datang ke kawasan pantai.

"Pada hari minggu kemarin, masih ada yang datang menggunakan kendaraan pribadi, puluhan lah. Untuk bus dari laporan sudah tidak ada yang datang, hanya kendaraan pribadi," kata Harry saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (5/7/2021).

Jika dilihat dari plat nomor kendaraannya, mereka berasal dari Jawa Tengah, seperti Solo Raya.

Untuk pengawasan, pihaknya menerjunkan puluhan petugas dibantu instansi terkait untuk menghalau wisatawan yang ingin berkunjung. Bahkan di jalur kecil pun saat ini sudah dijaga oleh pihak dari kalurahan.

"Untuk kawasan wisata yang dikelola kalurahan atau desa wisata juga sudah tutup semua," ucap Harry.

Kasubbag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto menjelaskan aksi penyekatan dilakukan di kawasan Hutan Wanagama, Gading, Playen. Pelaksanaannya dilakukan hari Minggu pagi.

Kemarin ada satu kendaraan wisatawan asal Jawa Tengah yang juga diputar balik. 

"Iya penyekatan dilakukan salah satunya untuk mencegah wisatawan untuk berkunjung," kata Suryanto.

Pihaknya berharap masyarakat mematuhi imbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja sekaligus memutus rantai penularan Covid-19. 

Pemerintah melaksanakan PPKM Darurat selama 3-20 Juli 2021 mendatang. Aktifitas yang memungkinkan menyebabkan kerumunan dilarang, termasuk kawasan wisata ditutup sementara. 

https://travel.kompas.com/read/2021/07/05/181500927/nekat-datang-ke-pantai-saat-ppkm-darurat-puluhan-wisatawan-di-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke