Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PHRI Jakarta Harap Keluarga Karyawan Hotel juga Divaksin Covid-19

KOMPAS.com – Sejak April 2021, vaksinasi bagi karyawan hotel yang difasilitasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Dinas Kesehatan, dan Kementerian BUMN telah berlangsung.

Kendati demikian, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono mengatakan, pihaknya meminta agar vaksinasi juga mencakup keluarga para karyawan hotel.

“Masalah vaksinasi, kita harap terus dipercepat ke semua pekerja. Kalau sudah bisa diperluaskan menyangkut keluarga,” imbau dia.

Hal tersebut dikatakan oleh Iwantono dalam konferensi pers daring bertajuk “Dampak PPKM Darurat Pada Industri Hotel dan Restoran, Forum Jurnalis PHRI” pada Senin (5/7/2021).

Menurut dia, perluasan vaksinasi kepada keluarga para karyawan tersebut diperlukan guna mencegah penyebaran lebih lanjut Covid-19.

“Kalau keluarga di rumah kena (Covid-19), pekerja juga kena. Itu bisa menularkan ke tamu semua,” jelas Iwantono.

Iwantono mengatakan bahwa hingga saat ini, sebagian besar anggota PHRI Jakarta telah mendapat vaksin Covid-19.

Meski begitu, situasi dan pandemi Covid-19 kembali lagi kepada seberapa cepat program vaksin kepada masyarakat luas dilakukan.

“Kalau masyarakat belum tervaksin dengan baik, itu juga menyebabkan pandemi dan menyebabkan (dampak) ke kita,” tutur dia.

Selain membahas seputar subsidi gaji karyawan dan BLT bagi mereka yang telah dirumahkan, Iwantono juga meminta agar ada pemberian paket kesehatan bagi staf hotel dan restoran.

Adapun, paket kesehatan tersebut bisa berbentuk vitamin yang diberikan oleh pemerintah yang prosedurnya dapat diambil oleh para karyawan menggunakan BPJS Kesehatan.

“Bantuan kepada tenaga kerja untuk meningkatkan imunitas. Misal berupa vitamin dan suplemen-suplemen lain yang diharap bisa mendukung supaya kita bisa kerja dengan sehat dan tidak menularkan,” jelas Iwantono.

Vaksinasi karyawan hotel di Jakarta

Mengutip Kompas.com, Selasa (6/4/2021), vaksinasi bagi karyawan hotel sempat dilaksanakan di Gelora Bung Karno pada 2-6 April.

Pada saat itu, Iwantono menuturkan bahwa vaksinasi masih terbatas lantaran tidak semua karyawan hotel sudah divaksin. Hanya mereka yang bekerja di hotel untuk tenaga kesehatan dan OTG saja.

Bahkan, pada saat itu dia menuturkan, vaksinasi Covid-19 terhadap karyawan hotel di Jakarta pun berlangsung lebih lambat dibanding daerah lain.

“Kita harap nanti angka (yang divaksin) akan jauh lebih besar dan alokasi lebih banyak ketika pemerintah sudah sediakan jumlah vaksin yang cukup,” ujar dia.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/05/190800727/phri-jakarta-harap-keluarga-karyawan-hotel-juga-divaksin-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke