Salin Artikel

Lithuania Punya Portal Digital Pertama yang Terhubung ke Polandia

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 menghambat perjalanan penduduk di banyak negara, termasuk di Lithuania dan Polandia.

Namun, berkat sebuah portal digital bernama Portal, penduduk di kedua negara yang berjarak sekitar 600 kilometer itu bisa saling terhubung meski tidak secara fisik. Mirip seperti adegan di film-film science fiction.

Pada 26 Mei 2021, telah terpasang dua portal digital masing-masing di Kota Vilnius, Lithuania, dengan Kota Lublin, Polandia.

Lebih tepatnya, di dekat stasiun kereta api di Vilnius dan di pusat kota di Lublin yang strategis.

Sepintas, alat berbentuk bundar dengan desain minimalis tersebut terlihat seperti cermin karena memiliki layar besar di tengahnya. Namun, ketika dicermati, layar tersebut akan menayangkan aktivitas warga sekitar secara langsung dan memungkinan terjadinya interaksi.

Melansir dari The Verge, Portal merupakan proyek kolaborasi antara Benediktas Gylys Foundation, Kota Vilnius, Kota Lublin, dan Crossroads Centre for Intercultural Creative Initiatives.

Portal didesain oleh insinyur dari Creativity and Innovation Centre (LinkMenu fabrikas) di Vilnius Gediminas Technical University atau Vilnius Tech. Bentuk bundar dipilih karena melambangkan simbol science-fiction yang sudah dikenal luas.

Adapun pembuatan alat tersebut memakan waktu lima tahun.

Presiden Benediktas Gylys Foundation dan inisiator dari proyek ini, Benediktas Gylys, menerangkan bahwa Portal dibangun sebagai “jembatan” untuk menyatukan orang-orang.

“Umat manusia menghadapi banyak tantangan yang berpotensi mematikan, baik itu polarisasi sosial, perubahan iklim, atau masalah ekonomi. Jika dicermati, hal tersebut bukan (karena) kurangnya ilmuwan, aktivis atau pemimpin, pengetahuan, atau teknologi. Ini (tentang) kesukuan, kurangnya empati, dan persepsi tentang dunia yang seringkali dibatasi oleh perbatasan nasional.

Oleh karena itu, kami membangun Portal – sebuah jembatan untuk menyatukan, sebuah ajakan untuk bangkit di atas prasangka, di atas ketidaksepakatan yang terjadi di masa lalu. (Alat) ini adalah sebuah ajakan untuk bangkit di atas ilusi ‘kita dan mereka’,” kata Benediktas dari rilis yang terima Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Selain di Lithuania dan Polandia, Portal juga rencananya akan dipasang di Kota London, Inggris, dan Kota Reykjavik, Islandia. Nantinya, dua kota tersebut akan terhubung secara digital dengan Vilnius.

Di situs web resminya, orang-orang juga dapat memasukkan kota mereka jika mereka ingin Portal terpasang di sana.

“Portal mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh membiarkan pandemi menghambat hubungan antara tetangga, merusak solidaritas dan kerja sama internasional. Kami ingin kembali menjalin kerja sama antar sekolah, lembaga budaya, dan otoritas lokal dari Vilnius dengan kota-kota lainnya di Eropa sesegera mungkin,” kata Direktur International Cooperation Centre sekaligus mantan Wakil Menteri Luar Negeri Republik Polandia, Krzysztof Stanowski.

Krzysztof berharap agar proyek tersebut dapat mengingatkan orang-orang akan pentingnya kota dalam membangun ruang kebebasan dan toleransi.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/10/073200127/lithuania-punya-portal-digital-pertama-yang-terhubung-ke-polandia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.