Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat Liburan ke Koh Samui Thailand yang Terima Turis Asing pada 15 Juli

KOMPAS.com – Koh Samui di Thailand akan menerima kembali wisatawan asing yang telah divaksinasi Covid-19 mulai Kamis (15/7/2021) melalui program Samui Plus.

Melansir TAT News, Selasa (13/7/2021), program pariwisata tersebut mencakup area dan rute yang spesifik di daerah Surat Thani yang meliputi Koh Samui, Koh Phangan, dan Koh Tao.

Kendati demikian, para wisatawan tidak bisa langsung menuju ke daerah tersebut. Sebab, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi yakni sebagai berikut:

  • Syarat-syarat yang telah disebutkan di atas telah terpenuhi.
  • Buka situs berikut untuk mengajukan Certificate of Entery (CoE).
  • Tunggu hasil pengajuan yang akan dikirim ke email yang didaftarkan.
  • Ajukan visa jika diperlukan.

Saat melakukan perjalanan, wisatawan perlu membawa seluruh dokumen yang diperlukan saat mengajukan CoE. Mereka juga akan menjalani exit screening di titik keberangkatan.

Apabila suhu tubuh melebihi batas yang telah ditentukan, wisatawan akan ditolak naik pesawat.

Tiba di Koh Samui

Setibanya di Koh Samui, wisatawan akan melewati prosedur pemeriksaan kesehatan dan imigrasi. Selanjutnya, mereka bisa langsung melakukan perjalanan ke hotel untuk menunggu hasil pemeriksaan.

Selama perjalanan, wisatawan dilarang melakukan pemberhentian lantaran perjalanan harus langsung ke hotel. Mereka juga dilarang menggunakan transportasi publik.

Hasil pemeriksaan akan diberikan pada hari pertama kedatangan wisatawan. Jika positif, mereka akan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Biaya ditanggung asuransi wisatawan.

Jika hasilnya negatif, wisatawan bisa meninggalkan kamar hotel hanya untuk jalan-jalan di area yang telah ditentukan di hotel pada hari pertama hingga ketiga.

Hari keempat hingga ketujuh, wisatawan bisa jalan-jalan dalam rute yang ditentukan dan pada program tur di Koh Samui saja. Pada hari kedelapan hingga ke-14, wisatawan dapat melakukan perjalanan di Koh Samui, Koh Phangan, dan Koh Tao.

Hari ke-15, jika hasil tes terakhir pada hari 12-13 adalah negatif, wisatawan bisa jalan-jalan ke mana saja di Thailand.

Protokol kesehatan wajib dilakukan

Seluruh wisatawan wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku secara ketat mulai dari menjaga jarak, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Penggunaan masker wajib dilakukan saat di kendaraan umum dan di kendaraan apapun dengan dua orang atau lebih. Mereka juga harus mematuhi aturan yang diterapkan di Surat Thani.

Selama berlibur, wisatawan hanya boleh menggunakan transportasi dan perusahaan tur yang disetujui. Oleh karena itu, menyewa kendaraan pribadi dilarang.

Untuk perjalanan antara pulau Koh Samui, Koh Phangan, dan Koh Tao, hal tersebut dapat dilakukan hanya menggunakan perahu yang disetujui di pelabuhan yang disetujui.

Wisatawan yang berlibur selama lebih dari 14 hari baru bisa menggunakan kendaraan umum mulai dari hari ke-15. Terkait restoran, hanya tempat makan SHA Plus saja yang direkomendasikan walau tidak wajib.

Jumlah tes Covid-19 yang harus dilakukan

Jika tinggal selama kurang dari tujuh hari, wisatawan harus mengambil tes lagi pada hari keenam atau ketujuh.

Sementara untuk masa tinggal antara 10-14 hari, tes dilakukan pada hari keenam atau ketujuh, dan hari ke-12 atau ke-13.

Jika masa tinggal kurang dari lima hari, wisatawan tidak perlu melakukan tes tambahan. Namun, mereka harus segera meninggalkan Thailand.

Tes PCR di Koh Samui dapat dilakukan di rumah sakit yang disetujui. Biaya yang diperlukan harus dibayar di muka saat memesan akomodasi di hotel Samui Extra Plus atau SHA Plus.

Thailand perketat pembatasan di Bangkok

Melansir dari Kompas.com, pemerintah Thailand mengumumkan bahwa mereka telah memperketat pembatasan di Bangkok dan sembilan daerah lainnya sejak Jumat (9/7/2021).

Langkah tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Pengetatan tersebut termasuk pembatasan perjalanan, penutupan mal, pemberlakuan jam malam, dan pembatasan jumlah pertemuan. 

https://travel.kompas.com/read/2021/07/13/201700827/syarat-liburan-ke-koh-samui-thailand-yang-terima-turis-asing-pada-15-juli

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke