Salin Artikel

Kasus Covid-19 Melonjak, Thailand Tetap Buka 3 Pulau untuk Turis Asing

KOMPAS.com – Meski kasus Covid-19 tengah meningkat akibat varian Delta, pemerintah Thailand tetap membuka tiga pulau bagi wisatawan asing yang telah divaksinasi pada Kamis (15/7/2021).

Melansir The Straits Times, Kamis, tiga pulau tersebut, yakni Koh Samui, Koh Phangan, dan Koh Tao, menyambut kembali wisatawan sebagai bagian dari dorongan pemerintah untuk menghidupkan kembali industri pariwisata mereka yang babak belur.

Adapun, Negeri Gajah Putih meluncurkan skema “Sandbox” pada 1 Juli 2021. Skema itu memungkinkan wisatawan asing yang sudah divaksin untuk melancong ke Phuket.

Meski tidak wajib melakukan karantina di hotel, wisatawan tidak bisa meninggalkan Phuket selama dua pekan.

Di bawah perluasan kebijakan pada Kamis, wisatawan harus menginap di hotel yang disetujui di Koh Samui selama seminggu. Namun, mereka bisa meninggalkan akomodasi mereka pada hari keempat.

Selanjutnya, mereka harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 sebelum diizinkan pergi ke Koh Phangan atau Koh Tao setelah minggu pertama mereka.

Berjuang mengendalikan varian Delta

Saat ini, Thailand tengah berjuang untuk mengendalikan infeksi Covid-19 dari varian Delta. Pihak berwenang mengatakan, saat ini infeksi dari varian Delta mencapai hampir 80 persen dari kasus Covid-19 di sana.

Hotspot Covid-19 di Bangkok dan sembilan daerah lainnya tengah berada di bawah pembatasan, termasuk jam malam dan larangan pertemuan lebih dari lima orang.

Thailand mencatat hampir 9.200 infeksi baru dan mencatat angka kematian tertinggi harian yakni 98 kematian pada Kamis.

Sejak dibuka kembali, Phuket telah menerima 5.000 wisatawan asing. Namun, 10 di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

Pihak berwenang tidak mengharapkan gelombang wisatawan yang besar untuk segera berkunjung ke Koh Samui dan dua pulau lainnya.

Presiden Tourism Association of Koh Samui, Ratchaporn Poolsawadee, menggambarkan skema Samui Plus sebagai pembukaan awal. Dia mengatakan, 75 persen penduduk di tiga pulau tersebut sudah divaksinasi.

“Diharapkan kedatangan akan meningkat setelah wisatawan mempelajari aturan dan regulasi, dan beberapa aturan serta regulasi dapat diubah. Kami tidak ingin terburu-buru dalam Samui Plus,” ujar Poolsawadee kepada AFP, mengutip The Straits Times.

Pariwisata merupakan seperlima dari pendapatan nasional Thailand. Sejak krisis keuangan Asia pada 1997, saat ini ekonomi di sana tengah mengalami kinerja terburuk.

Poolsawadee mengatakan, pariwisata di Koh Samui memiliki nilai sebesar 918 juta dollar AS sebelum pandemi. Namun, Covid-19 telah memotongnya menjadi 88 juta dollar AS pada 2020.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/16/162313627/kasus-covid-19-melonjak-thailand-tetap-buka-3-pulau-untuk-turis-asing

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.