Salin Artikel

Gunung Kendil Kulon Progo, Atap Menoreh dengan Keindahan 180 Derajat ke Segala Arah

KOMPAS.com – Perbukitan Menoreh yang membentang di sisi barat Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan beragam keindahan.

Mulai dari segarnya air terjun alam hingga puncak-puncak yang menawarkan keindahan pemandangan dari ketinggian, semua ada di sana.

Gunung Kendil adalah salah satunya. Tempat wisata ini berada di barisan Perbukitan Menoreh sisi utara.

Secara administratif, Gunung Kendil terletak di Nglambur, Desa Sidoharjo, Kecamatan atau Kepanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak menuju Gunung Kendil Kulon Progo adalah sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 90 menit.

Keindahan di tepi Yogyakarta

Gunung Kendil Kulon Progo merupakan salah satu puncak tertinggi Perbukitan Menoreh dengan ketinggian 1.019 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Lokasinya berada dekat dengan perbatasan Kulon Progo, DIY dengan Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

Adapun, sisi utara Gunung Kendil yang ada di Kabupaten Magelang didominasi dataran rendah, sehingga pemandangan terbuka akan memanjakan mata.

Saat cuaca sedang cerah, Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.375 mdpl tampak menghiasi ujung utara.

Sementara itu di sisi selatan dan barat, kedua mata akan dibuat terpukau dengan hamparan hijau Perbukitan Menoreh yang begitu luas.

Saat cuaca cerah, tampak dari kejauhan beberapa tempat wisata lain, seperti Puncak Suroloyo, Puncak Sariloyo, dan Puncak Widosari.

Saat sore hari yang cerah, keindahan matahari terbenam atau sunset juga tersaji dengan begitu indah.

Sisi timur pun tak mau kalah menyajikan keindahan. Gunung Kendil yang lebih tinggi dari puncak-puncak lainnya membuat pemandangan jauh ke arah timur dapat disaksikan.

Saat cuaca cerah, indahnya matahari terbit akan tersaji berdampingan dengan Gunung Merapi dan Merbabu yang berdiri di kaki langit sebelah timur.

Menuju puncak Gunung Kendil Kulon Progo pun cukup mudah. Dari area parkir, pengunjung hanya perlu berjalan sekitar 5-15 menit.

Namun, kondisi jalan cukup menanjak. Pengunjung disarankan mengenakan pakaian dan alas kaki yang pas untuk melakukan pendakian.

Dengan keindahan tersebut, jelas saja Gunung Kendil pas dikunjungi usai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat nanti.

Saat berkunjung, pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian ketika sakit.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/17/164001127/gunung-kendil-kulon-progo-atap-menoreh-dengan-keindahan-180-derajat-ke-segala

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.