Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Ucapan Selamat Idul Adha 2021, Cocok untuk Dibagikan di Media Sosial

KOMPAS.com – Tahun ini, Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada 20 Juli 2021. Biasanya, perayaan juga dibarengi dengan pertukaran ucapan Hari Raya Kurban.

Dosen Komunikasi dan Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Komunikasi dan Mdia (P2KM) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Deden Mauli Darajat, mengatakan bahwa perayaan ini penting bagi umat Islam.

Selain itu, menurut dia, mengutip Kompas.com, Jumat (31/7/2020), saling bertukar pesan juga memiliki makna tersendiri—saling memberi doa agar masing-masing mendapat kebaikan.

“Mengucapkan salam atau Selamat Idul Adha merupakan bagian dari mendoakan kebaikan,” ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Lebih lanjut, siapa pun yang mendoakan kebaikan kepada orang lain, kebaikan yang sama juga akan datang kepada orang yang mendoakan, bukan hanya untuk yang didoakan.

Deden menyarankan kalimat yang digunakan dalam pemberian ucapan Idul Adha sebaiknya mengandung doa. Selain itu, ucapan selamat juga merupakan perayaan kebahagiaan akan datangnya hari besar.

Sebagai contoh, salah satu ucapan yang dapat diberikan kepada orang lain adalah “Selamat Hari Raya Idul Adha. Taqabbalallahu Minna wa minkum. Kullu am wa antum bikhair.”

Artinya adalah “Semoga Allah SWT menerima ibadah kita dan kalian, dan setiap tahun kalian berada dalam kebaikan”.

“Di Turki biasanya mengucapkan ‘Kurban bayraminiz mubarek Olsun.’ Artinya ‘Selamat Hari Raya Kurban, semoga keberkahan menyertaimu’,” tutur Deden.

Jika masih bingung untuk memilih kalimat ucapan Selamat Idul Adha tahun 2021 ini, berikut Kompas.com rangkum 15 ucapan yang dapat diberikan yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021):

  1. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna wa minkum.
  2. Idul Adha adalah saat untuk merayakan semangatmu dalam berkurban, harapanmu pada ampunan, dan keteguhanmu dalam beriman. Selamat Hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin.
  3. Berkurbanlah sekecil apa pun itu karena bukan Anda atau mereka yang memberi pahala, melainkan Allah SWT. Tak perlu mengharapkan balasan dari mereka karena yang Maha Pemurah tahu cara bagaimana membalasnya. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  4. Semoga Allah SWT memberi Anda dan keluarga Anda kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  5. Semoga hanya sukacita yang mengelilingimu, Allah Swt menjagamu selalu. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  6. Pada kesempatan Idul Adha yang diberkati ini, semoga kamu dan orang yang dicintai bahagia, damai, dan sejahtera.
  7. Idul Adha adalah hari untuk merenungkan kembali perbuatan kita, dan memberi kembali kepada orang yang kekurangan. Semoga pengorbanan kita diterima oleh Allah SWT.
  8. Semoga Allah SWT memberi Anda dan keluarga hidup damai dan sejahtera. Semoga rahmat Allah SWT tidak pernah meninggalkan sisimu. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  9. Selamat Idul Adha. Semoga pengorbananmu dihargai, dan doa-doamu dijawab oleh yang maha kuasa.
  10. Idul Adha adalah hari pengorbanan dan komitmen perintah Allah SWT. Semoga Allah SWT memberkati kita dengan hal yang sama di semua lingkaran kehidupan, dan membantu semua di antara kita yang tidak berdaya, khawatir, dan menunggu rahmatnya. Selamat Idul Adha.
  11. Bumi bisa lupa berputar, burung bisa lupa terbang, lilin bisa lupa meleleh, dan jantung bisa lupa berdetak. Tapi, aku tidak akan pernah lupa mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha”.
  12. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kemakmuran bagi semua orang.
  13. Semoga keajaiban Hari Raya Idul Adha membawa banyak kebahagiaan dalam hidup Anda, dan semoga Anda merayakannya dengan semua teman dekat dan keluarga Anda. Selamat Idul Adha.
  14. Semoga Allah SWT memberimu sukacita, kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran pada kesempatan yang diberkahi ini. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  15. Semoga hidup Anda seindah bulan sabit di langit, dan semoga kebahagiaan Idul Adha membanjiri hidup Anda sepanjang tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang. Selamat merayakan Idul Adha.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/19/105538927/15-ucapan-selamat-idul-adha-2021-cocok-untuk-dibagikan-di-media-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke