Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Menuju Gunung Kendil Kulon Progo, Membelah Perbukitan Menoreh

KOMPAS.com – Gunung Kendil yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jadi salah satu alternatif tempat wisata alam yang bisa dikunjungi saat waktu luang.

Gunung setinggi sekitar 1.019 meter di atas permukaan laut ini tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kepanewon atau Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju Gunung Kendil Kulon Progo adalah sekitar 36 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Gunung Kendil berlokasi di kawasan puncak Perbukitan Menoreh sisi utara. Perjalanan menuju ke sana pun akan melewati.

Jika tertarik berkunjung ke Gunung Kendil Kulon Progo, ini dia rutenya:

Rute menuju Gunung Kendil Kulon Progo

Perjalanan menuju Gunung Kendil Kulon Progo dapat dimulai dari Tugu Pal Putih. Dari sana, cukup berkendara ke arah barat.

Terus lurus ke barat saat sampai di perempatan Ring Road. Terus lurus di Kecamatan Godean, Sleman. Perjalanan akan sampai di jembatan besar yang membentang di atas Sungai Progo.

Lurus terus, maka perjalanan akan sampai di Perempatan Nanggulan. Belok kanan di perempatan ini menyusuri Jalan Nanggulan-Mendut ke arah utara.

Nantinya, perjalanan akan sampai di Perempatan Dekso. Lurus terus ke utara di perempatan ini. Kurangi kecepatan karena akan ada pertigaan ke arah kiri menuju Desa Boro. Belok kiri di pertigaan itu meninggalkan jalan utama Nanggulan-Mendut.

Selanjutnya, ikuti jalan itu. Nantinya, perjalanan akan memasuki wilayah perbukitan dengan jalan yang berkelok dan naik-turun. Kondisi jalan juga akan menyempit. Tak perlu khawatir karena itu adalah jalan yang benar.

Setelah melaju sekitar 12 km, akan ada pertigaan. Jika lurus, maka kondisi jalan sudah bagus dan lebih lebar. Namun, belok kanan di pertigaan yang ada plang “Kopi Suroloyo”. Bukan melalui jalan yang lebih bagus dan lebar itu.

Perjalanan pun masih berlanjut melalui jalan di perbukitan yang sempit, berkelok, dan naik turun. Terus melaju, nantinya akan ada pertigaan lagi. Belok kiri di pertigaan ini. Sudah ada papan petunjuk arah menuju Gunung Kendil dan Puncak Suroloyo.

Selanjutnya tinggal ikuti jalan yang ada. Terus melaju melintasi jalan yang berkelok serta penuh tanjakan dan turunan, perjalanan pun sampai juga di Gunung Kendil di kiri jalan.