Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Menuju Kali Ngalang, Pantai Purba di Pegunungan Gunungkidul

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul memiliki hamparan Geopark Gunung Sewu yang membentang dari sisi timur Pantai Parangtritis, Bantul, sampai Pacitan.

Kawasan geopark itu banyak pula yang menjadi tempat wisata, seperti Goa Jomlang, Gunung Api Purba Batur, dan Pantai Wediombo.

Selain menyajikan keindahan alam, tempat wisata itu juga menyimpan fenomena geologi yang tak kalah menarik untuk dipelajari.

Salah satu tempat di Gunungkidul yang menyimpan fenomena geologi adalah Kali Ngalang di Ngalang, Kepanewon atau Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tempat ini merupakan sungai yang ada di kawasan perbukitan. Namun, ternyata Geosite Kali Ngalang merupakan pantai purba. Peninggalannya adalah berupa pasir pantai yang sudah menjadi batu.

Hal itu menandakan bahwa pada zaman dahulu, kawasan sisi selatan Kali Ngalang merupakan lautan.

Tampak liang hewan masa lalu yang berbentuk seperti ukiran di batuan pasir pantai purba tersebut.

Rute menuju Kali Ngalang, Pantai Purba di Gunungkidul

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju Kali Ngalang adalah sekitar 34 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Jika memulai perjalanan dari Tugu Jogja, kamu harus mengambil jalan memutar lewat Stasiun Tugu ke timur, melintasi Stadion Kridosono ke arah Timur, melalui Embung Langensari, dan sampai di Perempatan Demangan (XXI).

Itu karena Jalan Laksda Adisucipto hanya berlaku satu arah ke barat dari Perempatan Demangan itu.

Selanjutnya, lurus ke timur sampai Flyover Janti. Belok kanan naik ke flyover dan lurus terus sampai perempatan lampu merah kedua.

Belok kiri di perempatan itu melalui jalan utama menuju Kota Wonosari, Gunungkidul.

Kemudian, ikuti jalan utama itu sejauh sekitar 20 km. Selama perjalanan, kamu akan melintasi Bukit Bintang hingga gapura masuk Kabupaten Gunungkidul.

Bukit Bintang sendiri merupakan tempat untuk menikmati berbagai macam kuliner dan menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.

Usai berkendara sekitar 20 km, ada pertigaan tanpa lampu merah. Belok kiri tinggalkan jalan utama menuju Wonosari dan masuk jalan Sambipitu-Nglipar.

Ikuti jalan itu. Nanti ada satu pertigaan lagi. Belok kanan ikuti jalan utama di pertigaan itu. Jika lurus itu adalah jalan menuju pusat Kecamatan Gedangsari.

Perjalanan menuju Kali Ngalang pun tidak lagi jauh. Nantinya akan ada jembatan dan Geosite Kali Ngalang ada di bawah jembatan itu.

Kendaraan bisa diparkir di Masjid At Taqwa samping jembatan dan perjalanan menuju bawah jembatan dilakukan dengan berjalan kaki.

Tarif

Adapun, tidak ada tarif masuk untuk berkunjung ke Kali Ngalang.

Waktu terbaik

Kunjungan paling pas dilakukan saat musim kemarau ketika aliran sungai kering. Dengan demikian, peninggalan pantai purba dapat disaksikan dengan begitu jelas.