Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesona 4 Lokasi yang Jadi Tempat Pertandingan Olimpiade Tokyo 2020

KOMPAS.com – Olimpiade Tokyo 2020 dilaksanakan di 42 tempat di seluruh Jepang dengan mayoritas dilakukan di empat lokasi.

Melansir Kompas.com, Minggu (13/6/2021), lokasi-lokasi tersebut adalah Kota Tokyo dan tiga prefektur di sekitarnya, yakni Chiba, Saitama, dan Kanagawa.

Masing-masing lokasi itu punya pesonanya tersendiri. Jika pandemi Covid-19 tidak ada, empat lokasi tersebut mungkin akan diramaikan wisatawan dari beragam negara yang datang untuk menikmati Olimpiade Tokyo 2020.

Lantas, seperti apa pesona pariwisata yang ditawarkan oleh empat lokasi tersebut? Berikut Kompas.com rangkum dari situs resmi Japan National Tourism Organization (JNTO), Senin (19/7/2021):

1. Kota Tokyo

Kota Tokyo merupakan kota yang sangat khas dengan distrik Harajuku yang terkenal di kalangan para pencinta dunia mode.

Di kota ini, wisatawan akan menemukan deretan toko pakaian, kafe unik, dan suasana yang menyenangkan, terlebih di area jembatan dekat Stasiun Harajuku.

Pasalnya, area tersebut merupakan spot yang kerap digandrungi oleh para cosplayer. Adapun, cosplayer adalah seseorang yang mengenakan kostum bak tokoh kartun dalam anime, manga, atau video game.

Jika ingin menikmati keindahan taman yang dibangun di atas bekas situs Istana Edo (dulu adalah istana terbesar di dunia) wisatawan bisa berkunjung ke Taman Timur Istana Kekaisaran.

Di sepanjang jalan menuju area Istana Kekaisaran, bunga sakura yang khas dengan warna merah muda lembutnya akan menemani wisatawan.

Ingin berfoto di persimpangan legendaris yang letaknya tepat di depan sebuah gedung tinggi seperti para travel influencer di Instagram? Kamu bisa melakukannya dengan berkunjung ke Shibuya.

Namun sebelum keluar dari Stasiun Shibuya untuk foto-foto di persimpangan tersebut, serta menjelajahi Shibuya lebih lanjut, jangan lupa untuk foto terlebih dahulu dengan patung Hachiko.

Selain disuguhi deretan toko pakaian, kafe unik, cosplayer, deretan bunga sakura di tepi jalan, dan ramainya persimpangan legendaris khas Shibuya, Tokyo merupakan kota yang juga memanjakan para pencinta teknologi.

Sebab, area Akihabara yang digadang-gadang sebagai surga penggila teknologi menjajakan beragam pilihan teknologi yang dapat dibeli.

Tidak hanya itu, area tersebut juga terkenal akan kafe manga dan kafe yang memiliki pelayan berkostum unik. Dapat dikatakan bahwa semua yang dicari mungkin dapat ditemukan di Kota Tokyo.

2. Prefektur Chiba

Prefektur Chiba merupakan rumah dari dua taman bermain legendaris yakni Tokyo Disneyland dan DisneySea. Adapun, DisneySea hanya dapat ditemukan di Jepang.

Destinasi wisata ini menawarkan beragam pesona yang patut dilihat. Salah satunya adalah nuansa kuno khas Jepang dulu kala yang dapat ditemukan di Narita.

Selama berwisata di sana, pengunjung dapat jalan-jalan ke pertokoan di Narita Omotesando, kompleks Wihara Buddha Shinshoji, atau mengunjungi Sawara yang menawarkan suasana periode Edo.

Destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik adalah Semenanjung Boso yang menawarkan pemandangan alam seperti laut, serta Seaworld Kamogawa yang memiliki 11.000 hewan laut, termasuk paus beluga.

Jika ingin melakukan wisata sejarah, selain ke Sawara, wisatawan dapat berkunjung ke Istana Tateyama yang sudah ada sejak paruh kedua abad ke-16.

3. Prefektur Saitama

Jika Prefektur Chiba menawarkan wisata alam tepi pantai, maka Prefektur Saitama menawarkan wisata alam pegunungan, hutan, dan tebing berbatu yang bisa ditemukan di Chichibu dan Nagatoro.

Daerah itu dipenuhi gunung dan lembah berhutan yang indah. Pemandangan alam yang ditawarkan membuat keduanya menjadi destinasi wisata yang sudah populer sejak abad ke-19.

Apabila kamu familiar dengan anime "Arakawa Under the Bridge", Chichibu memiliki Sungai Arakawa yang bisa ditelusuri sambil bersepeda atau berjalan santai di tepiannya.

Sementara untuk penggemar Studio Ghibli, khususnya film My Neighbor Totoro, daerah yang patut dikunjungi adalah Tokorozawa.

Sebab, daerah tersebut memiliki sebuah hutan dengan jalur setapak, kuil vihara, dan bangunan tua yang diberi nama Hutan Totoro.

Meski nama aslinya adalah Perbukitan Sayama, banyak orang menyebutnya sebagai Hutan Totoro berdasarkan asumsi bahwa hutan tersebut merupakan inspirasi untuk latar belakang My Neighbor Totoro.

4. Prefektur Kanagawa

Sama halnya dengan Kota Tokyo, Prefektur Kanagawa juga dihiasi oleh beragam pusat perbelanjaan dan gedung pencakar langit. Lokasinya yang dekat membuat Kanagawa kerap dikunjungi warga Tokyo.

Meski begitu, destinasi wisata ini memiliki beberapa daerah yang menawarkan ketenangan dan keheningan hiruk-pikuk perkotaan yaitu Kamakura.

Adapun, Kamakura merupakan rumah bagi patung perunggu Buddha Amida  (simbol daerah ini) yang memiliki tinggi 11 meter dan sudah ada sejak abad ke-13.

Tingginya simbol Kamakura yang dulunya disimpan di dalam aula kayu ini membuatnya menjadi patung Buddha duduk terbesar kedua di Jepang.

Spot lain dengan suasana tenang adalah kuil Shinto bernama Tsurugaoka Hachimangu yang sudah ada sejak 1180. Biasanya, kuil ini mengadakan festival panahan di atas pelana kuda selama musim semi dan musim gugur.

Namun jika saat berkunjung festival tersebut tidak ada, wisatawan tetap bisa melakukan kegiatan wisata lain seperti melihat harta karun nasional, atau jalan-jalan di sekitar kolam dan taman yang indah.

Daerah lain yang menawarkan ketenangan, serta pemandangan alam yang memukau adalah Hakone yang terkenal sebagai area resor. Di sana, pemandangan Gunung Fuji akan menyambut wisatawan sejauh mata memandang tanpa terhalang apapun.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/19/192455327/pesona-4-lokasi-yang-jadi-tempat-pertandingan-olimpiade-tokyo-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke