Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jika PPKM dilonggarkan, Dinas Pariwisata dan Pelaku Wisata Gunungkidul Siap Sambut Wisatawan

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan pelaku wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), masih menunggu keputusan pemerintah terkait pembukaan kawasan wisata. Pelaku wisata sudah siap jika kawasan wisata dibuka dalam waktu dekat.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, pihaknya masih menunggu kebijakan dari pusat apakah PPKM level 3 akan diperpanjang atau tidak. Seharusnya, PPKM akan berakhir Minggu (25/7/2021).

"Kalau besok ada kebijakan lebih lanjut dan ada pelonggaran, tentu saja harapannya untuk pelaku wisata dan wisatawan lebih taat protokol kesehatan," kata Harry kepada Kompas.com, Minggu (25/7/2021).

Disinggung mengenai apakah nantinya ada pengetatan khusus, dia menyebut belum ada kebijakan khusus mengenai pengetatan bagi pengunjung.

Masih sama seperti uji coba pembukaan pariwisata sebelumnya. Untuk pengawasan protokol kesehatan di kawasan wisata menyerahkan kepada kelompok sadar wisata (pokdarwis) maupun pelaku wisata.

Pihaknya mengimbau wisatawan untuk taat protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker, dan menjaga jarak selama di kawasan wisata apabila pembatasan sudah dilonggarkan.

"Masih ada wisatawan yang tidak tertib, ya karena keterbatasan pelaku wisata. Keberhasilan menjalankan prokes tidak hanya pelaku, tetapi wisatawan juga ikut andil," ujar Harry.

Nglanggeran siap sambut wisatawan

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Nglanggeran Mursidi mengatakan bahwa pihanya juga masih menunggu kapan tempat wisata diperbolehkan buka kembali.

Namun demikian, pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk menyambut tamu. Seperti, memperbaiki jalur traking di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Persiapan juga meliputi SOP (Standard Operating Procedure) untuk toilet, kamar mandi, loket, hingga pemanfaatan pendopo.

Secara umum tidak ada perbedaan dibandingkan masa uji coba pembukaan pariwisata sebelumnya.

"Secara umum kita sudah siap, tinggal menunggu kapan diperbolehkan buka kembali," tutur Mursidi.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/25/190700627/jika-ppkm-dilonggarkan-dinas-pariwisata-dan-pelaku-wisata-gunungkidul-siap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke