Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PPKM Darurat Diperpanjang, Pendakian Gunung Bismo via Silandak Tetap Buka

KOMPAS.com – Jalur Pendakian Gunung Bismo via Silandak, Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tetap dibuka meski PPKM Darurat diperpanjang pada 26 Juli-2 Agustus 2021.

Perwakilan Basecamp Pendakian Gunung Bismo via Silandak bernama Subekhi mengonfirmasi hal tersebut kepada Kompas.com, Senin (26/7/2021).

“Buka, biar teman-teman ada kegiatan. Sebenarnya tutup semua, tapi kalau khusus basecamp Silandak, kalau ada yang mau naik tetap diizinkan,” jelas dia.

Sementara itu, untuk persyaratan mendaki Gunung Bismo via Silandak, Subekhi mengatakan bahwa saat ini syaratnya masih sama dengan syarat mendaki sebelumnya.

Sebelumnya, seluruh jalur pendakian Gunung Bismo akan dibuka pada 26-27 Juli atau pasca-PPKM Darurat yang berlaku sejak 3 Juli lalu.

Saat dihubungi Kompas.com pada Minggu (25/7/2021), Subekhi mengatakan bahwa rata-rata jalur pendakian gunung tersebut akan mulai buka pada tanggal di atas sementara jalur yang sudah pasti akan dibuka hari ini adalah via Silandak.

Sembari menunggu tanggal pembukaan kembali, dia menuturkan bahwa pihaknya melakukan sejumlah persiapan selama penutupan jalur, termasuk persiapan sarana dan prasarana.

“Sudah pasti kalau itu. Pembenahan-pembenahan sudah selesai. Untuk fasilitas protokol kesehatan sudah ada sejak awal pandemi. Pembenahan camp area (sudah),” ujarnya, mengutip Kompas.com, Minggu.

Sebelumnya diberitakan bahwa pemerintah Indonesia resmi memperpanjang PPKM Darurat atau PPKM Level 4 hingga 2 Agustus mendatang.

Mengutip Kompas.com, Minggu, hal tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu malam melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021," kata Jokowi.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/26/150900927/ppkm-darurat-diperpanjang-pendakian-gunung-bismo-via-silandak-tetap-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke