Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pulihkan Pariwisata Pulau Dewata, Bali Sudah Vaksin 3 Juta Warganya

KOMPAS.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang akrab disapa Cok Ace mengatakan bahwa 3 juta warga Bali telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama per 26 Juli 2021.

“Per 26 Juli 2021, masyarakat yang peroleh vaksin pertama sebanyak 3.023.924 juta atau sama dengan 193 persen (dari target 70 persen atau 2,9 juta orang),” kata dia.

Hal tersebut dipaparkan oleh Cok Ace dalam Talk Show Online World Tourism Day Bali Series bertajuk “Reviewing Bali Hospitality Industry in the Gate Opening”, Selasa (27/7/2021).

“Ini angka yang sangat fantastis, kita sudah melebihi untuk vaksin pertama dari apa yang ditargetkan WHO (World Health Oraganization). Mungkin ini angka tertinggi di Indonesia,” sambung dia.

Cok Ace mengungkapkan, jumlah tersebut melebihi target 70 persen dari jumlah penduduk Bali yang telah menerima dosis pertama yakni 2,9 juta orang.

Saat ini pariwisata Bali tengah berjuang di tengah terpaan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak Maret 2020.

Namun, menurutnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali saat ini sedang melakukan langkah yang strategis dalam upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar sektor pariwisata pulih kembali.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihaknya adalah mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat Bali agar segera mencapai kekebalan komunitas.

“Pemprov Bali bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, dan beberapa instansi seperti TNI/Polri, pihak swasta, dan stakeholder pariwisata untuk maraton akselerasi vaksinasi bagi masyarakat,” tutur Cok Ace.

“Vaksin kedua (di Bali), atau 793.880 orang atau 26,50 persen ini juga sudah bagus. Kemajuannya kita kejar karena ada rentang waktu antardosis,” imbuhnya.

Target vaksinasi untuk herd immunity

Mengutip Kompas.com, Senin (26/7/2021), WHO menargetkan, setidaknya 70 persen populasi masyarakat di dunia telah divaksin untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunitas).

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, target tersebut diharap bisa tercapai pada pertengahan 2022.

Sementara untuk target persentase populasi pada setiap negara yang telah divaksin, dia berharap setidaknya 10 persen dari populasi setiap negara telah divaksin pada September 2021.

Namun melansir Kompas.com, Senin, pemerintah Indonesia menargetkan agar jumlah vaksinasi yang dipenuhi di Nusantara mencapai 70 persen atau 189 juta penduduk untuk menciptakan kekebalan komunitas.

Bahkan, Presiden Joko Widodo sebelumnya menargetkan 181,5 juta rakyat Indonesia telah divaksin minimal satu dosis pada akhir tahun ini.

Sejauh ini, Indonesia telah menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada 44.469.974 orang dan 17.906.504 orang untuk dosis kedua.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/27/131300627/pulihkan-pariwisata-pulau-dewata-bali-sudah-vaksin-3-juta-warganya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke