Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semua Tempat Wisata di Bukittinggi Tutup hingga Agustus

KOMPAS.com - Semua obyek wisata di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, ditutup hingga awal Agustus guna mencegah keramaian pengunjung. 

Adapun obyek wisata yang ditutup, antara lain Taman Jam Gadang, Taman Marga Satwa Bukittinggi Kinantan (TMSBK), dan Taman Panorama Lobang Jepang. 

"Kota Bukittinggi memasuki periode PPKM Level 3, (sehingga) obyek wisata belum dibuka untuk umum, hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)," ujar Kepala Bagian Humas Pemkot Bukittinggi Yulman Yudhistira, Rabu (28/7/2021), dilansir dari Antara. 

Yulman menambahkan, obyek wisata di Kota Bukittinggi telah mengalami buka-tutup beberapa kali mengikuti rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sesuai dengan status kota tersebut.

Sebagai informasi, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 mengatur tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019. 

Dalam aturan yang berlaku mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 ini, semua tempat wisata umum ditutup sementara hingga wilayah tersebut dinyatakan aman berdasarkan penetapan pemerintah daerah setempat. 

Salah seorang pengunjung bernama Wahyu mengatakan, ia mampir ke Kota Bukittinggi dari Kota Padang meski telah mengetahui tentang penutupan semua obyek wisata. 

"Saya sudah tahu bahwa obyek wisata di Bukittinggi tutup, saya hanya sedikit berbelanja di Pasar Atas dan juga penasaran dengan bagaimana lengangnya kota ini yang biasanya selalu ramai hingga malam hari," ujarnya.

Menurutnya, kota tersebut tetap menjadi tujuan wisata, terutama bagi pengunjung dari Kota Padang menuju Pekanbaru. 

Dilansir dari Kompas.com, Kota Bukittinggi memiliki beragam tempat wisata sejarah dan alam.

Salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan adalah Jam Gadang. Bangunan yang didirikan tahun 1926 ini memiliki tinggi 36 meter dan sering dijadikan latar foto oleh wisatawan. 

https://travel.kompas.com/read/2021/07/29/073300127/semua-tempat-wisata-di-bukittinggi-tutup-hingga-agustus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke