Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gili Lawa di TN Komodo Akan Sambut Wisatawan Mulai 1 Agustus 2021

KOMPAS.com – Balai Taman Nasional (TN) Komodo akan membuka kembali kawasan wisata Gili Lawa mulai 1 Agustus 2021 dengan jam operasional setiap hari pukul 15.00-18.30 wita.

Melansir informasi dalam akun Instagram @btn_komodo, Kamis (29/7/2021), pembukaan Gili Lawa dilakukan untuk menghindari kerumunan di kawasan TN Komodo.

“Pembukaan ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di beberapa titik ODTWA. Wisatawan saat ini dapat berkunjung ke Loh Liang (Pulau Komodo), Padar Selatan (Pulau Padar), dan Gili Lawa,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahan.

Lebih lanjut, pembukaan tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Balai TN Komodo Nomor Sk.38/T.17/TU/REN/2/2021 tentang Protokol Kunjungan Wisata Alam di Gili Lawa Darat SPTN Wilayah II Balai TN Komodo.

Dalam pembukaan kegiatan wisata tersebut, TN Komodo akan membatasi kuota pengunjung sebesar 25 orang per hari dengan sistem registrasi daring lewat https://registration.labuanbajoflores.id/ atau WhatsApp +62811-2222-2542.

“Kuota ini didapatkan berdasarkan kajian Tourism Carrying Capacity dan akan dievaluasi setiap dua minggu,” kata akun tersebut.

Sebelumnya, Balai TN Komodo lebih dulu membuka kembali Padar Selatan untuk kunjungan wisatawan pada 19 Juli lalu.

Mengutip Kompas.com, Kamis (22/7/2021), hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nandang Prihadi.

Ketika dihubungi Kompas.com pada Rabu (21/7/2021), Nandang mengungkapkan bahwa pembukaan dilakukan dengan pembatasan jam kunjungan wisatawan.

“Selain batasi jumlah, ini juga membatasi waktu wisatawan di dalam. Tidak bisa lama-lama, kasihan kunjungan berikutnya,” jelas dia.

Pembukaan Padar Selatan juga dibarengi dengan pembatasan kuota kunjungan yakni hanya 300 wisatawan per hari.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/29/113100927/gili-lawa-di-tn-komodo-akan-sambut-wisatawan-mulai-1-agustus-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke