Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Paseo del Prado dan Buen Retiro di Spanyol, Warisan Dunia UNESCO Terbaru

KOMPAS.com - Paseo del Prado dan Buen Retiro menjadi dua tempat yang ditambahkan UNESCO ke dalam daftar situs warisan dunia pada Minggu (25/7/2021).

Situs yang ada di Kota Madrid, Spanyol, ini merupakan hamparan taman bersejarah.

Dilansir dari unesco.org dan situs web pariwisata Madrid, berikut adalah 4 fakta menarik tentang Paseo del Prado dan Buen Retiro.

Paseo del Prado memiliki nuansa yang teduh dengan jejeran pohon besar di setiap sisinya. Dilansir dari situs web resmi pariwisata Kota Madrid, pohon-pohon yang terdapat di taman tersebut telah berusia ratusan tahun.

Pohon-pohon tua itu berjejer rapi di setiap sisi jalanan yang menghubungkan Glorieta de Carlos V dan Plaza de Cibeles. Bulevar ini juga menjadi saksi sejarah Kota Madrid.

Tak hanya itu, di Buen Retiro juga terdapat sebuah pohon konifer yang berusia hampir 400 tahun. Pohon tersebut dipercaya sebagai pohon tertua di kota tersebut. 

Terdapat lebih dari 15.000 pohon di Buen Retiro. Dengan luas 125 hektar, situs tersebut menjadi sebuah area hijau di jantung Kota Madrid.

Sebagai paru-paru kota Madrid, Buen Retiro menjadi tempat favorit masyarakat dan turis untuk menghabiskan waktu.

Pengunjung taman ini bisa melakukan beragam aktivitas seperti olahraga, berkunjung ke pameran, atau melihat pertunjukan boneka.

Di taman ini juga terdapat sebuah danau buatan yang luas. Pengunjung dapat menyewa perahu kayuh untuk bersantai di atas danau.

Ada juga Velazquez Palace dan Glass Palace yang saat ini digunakan sebagai lokasi pameran oleh Museum Reina Sofia.

Glass Palace atau Istana Kaca merupakan paviliun berdinding kaca yang dibangun pada 1887. Sebelumnya, rumah kaca ini digunakan sebagai tempat penanaman beragam tanaman eksotis yang akan di pamerkan ke Filipina.

Rumah kaca tersebut menjadi bangunan dengan arsitektur besi terbaik di Kota Madrid.

Selama menghabiskan waktu di Paseo del Prado, pengunjung dapat menikmati keindahan kolam air mancur, antara lain Fuente de Cibeles dan Fuente de Neptuno, serta Plaza de Cibeles yang merupakan ikon Kota Madrid. 

Seni dan pengetahun

Bangunan-bangunan yang berada di Paseo del Prado didedikasikan untuk seni dan ilmu pengetahun.

Sementara itu, terdapat pula bangunan-bangunan lain yang diperuntukkan bagi industri, kesehatan, dan penelitian. 

Secara keseluruhan, bangunan-bangunan itu disebut menggambarkan aspirasi masyarakat utopis pada masa kejayaan Imperium Spanyol. 

https://travel.kompas.com/read/2021/07/29/123500827/mengenal-paseo-del-prado-dan-buen-retiro-di-spanyol-warisan-dunia-unesco

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke