Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampung Wisata Petak Enam Jadi Sentra Vaksinasi di Jakarta

KOMPAS.com – Kampung Wisata Petak Enam merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Jakarta. Tentunya saat situasi sudah memungkinkan nanti.

Petak Enam berada di Gedung Chandra, kawasan Glodok, Jakarta Barat ini merupakan satu kompleks yang cukup besar untuk wisata kuliner, belanja, hingga sejarah dengan nuansa Chinatown.

Di sana, pengunjung dapat menikmati aneka sajian kuliner khas China, Barat, dan Nusantara. Lokasinya pun Instagramable, sehingga pas untuk foto-foto.

Petak Enam merupakan saksi pertumbuhan Kota Jakarta dari zaman kolonial sampai hari ini, sehingga berpotensi menjadi heritage village

Namun, saat ini Petak Enam hanya melayani takeaway selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Vaksinasi di Kampung Wisata Petak Enam

Hari Sabtu (31/7/2021) pukul 09.00-16.00 WIB, Petak Enam berubah menjadi sentra lokasi vaksinasi massal.

Vaksinasi diinisiasi Ikatan Alumni Lemhannas Komisariat Provinsi (Ikal Komprov) DKI Jakarta bersama Pemprov DKI, Kementerian Kesehatan, dan Polda Metro Jaya dengan target 1,000 peserta.

Acara vaksinasi di Petak Enam juga turut dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan, sentra vaksinasi ini merupakan bagian dari program Vanic yaitu vaksinasi asyik di tempat piknik, sehingga dapat membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi.

Sebelumnya, sentra vaksinasi digelar di beberapa tempat wisata lain, seperti South Shore, Heha Sky View, dan Pantai Ngobaran di Gunungkidul, serta Kampoeng Kopi Banaran di Kabupaten Semarang.

“Kita harapkan sentra ini bisa membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi,” ujar Sandiaga dalam pernyataan tertulis.

Ia juga berterima kasih dan apresiasinya kepada para pihak yang terlibat dalam penyenggaraan sentra vaksinasi di salah satu kawasan wisata.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah yang menargetkan dua juta vaksinasi per hari, sehingga herd immunity dapat segera tercapai.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/31/151736627/kampung-wisata-petak-enam-jadi-sentra-vaksinasi-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke