Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih PPKM, Petugas Putar Balik Kendaraan Wisatawan yang Nekat Datang ke Gunungkidul

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat belum selesai, kawasan wisata di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta masih ditutup.

Namun, tetap ada wisatawan yang nekat berkunjung. Mereka pun diminta putar balik, meski mengaku sudah datang dari jauh.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul Sunu Handaka Bayu Sagara mengatakan, akhir-akhir ini banyak pengunjung yang nekat masuk ke kawasan Pantai Wediombo, Kelurahan Jepitu, Girisubo.

Seperti pada Sabtu (31/7/2021) kemarin banyak wisatawan yang datang. Sedikitnya ada 31 pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua, bahkan minibus masuk ke kawasan wisata wedi ombo.

Hal itu diketahui saat pihaknya melakukan patroli. Saat itu, mereka langsung diminta untuk pulang.

Kemudian pada Minggu (1/8/2021) sekitar pukul 01.00 WIB, ada tujuh rombongan pengendara motor yang sudah mendekat parkiran Wediombo. Akan tetapi, pengunjung ini berhasil dihalau anggota SAR pada saat patroli pematauan gelombang tinggi.

Pengunjung yang nekat itu memang datang saat tempat pemugutan retribusi (TPR) belum dijaga petugas, seperti saat dini hari.

"Kami mohon bersabar karena selama PPKM, kawasan wisata masih ditutup. Nanti, kalau sudah buka silahkan main ke pantai," kata Sunu kepada Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Bahkan, lanjut Sunu, pada hari Minggu ada beberapa wisatawan yang terpaksa diputar balik sebelum masuk kawasan pantai.

"Sudah banyak, tapi saya belum bisa memberikan rincian. Tapi ada dan langsung diminta balik arah," kata Sunu.

Hal serupa terjadi di Kawasan Pantai Baron dan sekitarnya. Dari pengamatan Kompas.com di TPR utama pantai Baron dan sekitarnya, banyak pengendara mobil yang terpaksa putar balik karena dilarang masuk oleh petugas.

Tak sedikit yang berhasil lolos karena lewat jalan kampung. Namun, petugas mengejar dan mereka tetap diminta pulang.

"Setiap hari ada saja pengunjung yang mencoba masuk, tetapi petugas gabungan terus melakukan patroli," kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukomono mengatakan bahwa selama PPKM seluruh kawasan wisata di Gunungkidul ditutup sementara. Kebijakan ini dilakukan guna mendukung penurunan laju penyebaran Covid-19.

"Penutupan sudah dilakukan sejak 3 Juli lalu," kata Harry.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/01/190700327/masih-ppkm-petugas-putar-balik-kendaraan-wisatawan-yang-nekat-datang-ke

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke