Salin Artikel

6 Destinasi Wisata yang Jadi Hadiah untuk Dikunjungi Greysia Polii/Apriyani Rahayu

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berencana memberi hadiah kepada peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga bulu tangkis, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

"Kami akan memberikan hadiah kepada Greysia dan Apri dalam rangka kunjungan mereka ke lima destinasi super prioritas (DSP). Jadi walapun anggaran kita terbatas, tapi penyiapan DSP tetap kita kebut secara berkualitas," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing, Senin (2/8/2021).

Dikutip dari Kompas.com, lima DSP terdiri dari Danau Toba di Sumatera Utara, Likupang di Sulawesi Utara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Borobudur di Jawa Tengah, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Selain lima destinasi tersebut, pihaknya juga akan menambah Wakatobi di Sulawesi Tenggara ke dalam daftar hadiah.

Sebab, Apriyani lahir di Kelurahan Lawulo, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Adapun, pemberian hadiah tersebut dilakukan setelah situasi pandemi Covid-19 di Indonesia aman dan terkendali.

Berikut pesona enam destinasi wisata yang menjadi hadiah dari Sandiaga:

Danau Toba di Sumatera Utara dikenal sebagai danau terbesar di Indonesia dengan luas 1.130 kilometer (km) persegi. Danau tersebut cukup unik karena memiliki pulau di tengahnya, yaitu Pulau Samosir.

Bahkan, dilansir dari Kompas.com, Danau Toba memiliki pulau di atas pulau dan danau di atas danau. Pulau Samosir berada di atas Pulau Sumatera, sementara Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang berada di atas Danau Toba.

Danau Toba merupakan tempat yang pas bagi pencinta sport tourism (wisata olahraga). Selain menawarkan panorama alam yang indah, tempat tersebut juga memiliki potensi sebagai lokasi beragam kegiatan, antara lain kemah dan mendaki. 

Pantai berair biru dan berpasir putih merupakan salah satu daya tarik dari Likupang, Sulawesi Utara. 

Oleh karena itu, tempat tersebut tepat untuk wisatawan yang menggemari kegiatan snorkeling serta diving, atau bagi mereka yang hanya ingin bermain-main di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset). 

Dikutip dari Kompas.com, jarak dari Manado ke Likupang adalah 31,5 kilometer (km) dengan durasi perjalanan sekitar dua jam.

Beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Pal, Pantai Panulisan, Pulau Lihaga, Pulau Gangga, dan Pantai Talise. 

Di bulan Oktober 2017, Presiden Joko Widodo juga meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan demikian, kawasan tersebut disiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di NTB.

Tak hanya itu, Mandalika juga dijadikan sebagai lokasi ajang balap kejuaraan dunia MotoGP di bulan Maret 2022. Kawasan itu tentunya memiliki sirkuit balap kelas dunia. 

Kompas.com melaporkan, Mandalika memiliki pantai yang indah serta budaya yang kaya. Salah satu pantai yang populer adalah Pantai Kuta yang memiliki pasir putih dan air laut jernih, selanjutnya juga ada Desa Adat Ende dan Desa Adat Sade.

Adapun Desa Adat Sade merupakan tempat tinggal suku Sasak, suku asli Lombok yang terkenal akan kerajinan kain tenunnya.

Wisatawan juga dapat bergabung bersama masyarakat setempat untuk mengikuti tradisi Bau Nyale. Tradisi tersebut merupakan ajang berburu nyale atau cacing warna-warni yang konon adalah perwujudan dari Putri Mandalika. 

Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, adalah candi Buddha terbesar di dunia dengan tinggi 35.450 meter.

Candi tersebut konon dibangun pada masa Dinasti Syailendra, namun bangunannya sempat terkubur selama berabad-abad. Di tahun 1814, candi itu ditemukan oleh Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Raffles. 

Di tahun 1991, Candi Borobudur juga ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO atau UNESCO World Heritage List. 

Dilansir dari Kompas.com, Candi Borobudur telah menjadi tempat perayaan Waisak sejak 65 tahun lalu dan menjadi tujuan banyak umat Buddha dari luar negeri, di antaranya dari Thailand dan Kamboja. 

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan kawasan wisata yang sayang dilewatkan oleh pencinta wisata alam. 

Beragam aktivitas dapat dilakukan di wilayah tersebut, mulai dari melihat matahari terbenam (sunset), snorkeling, mengagumi indahnya Pink Beach, hingga melihat komodo di habitatnya.

Khusus bagi yang penasaran ingin melihat komodo, mereka bisa mengunjungi Taman Nasional (TN) Komodo. 

Adapun tiga kawasan wisata di TN Komodo telah dibuka kembali, yakni Loh Liang (Pulau Komodo), Padar Selatan (Pulau Padar), dan Gili Lawa. Pembukaan kembali tersebut disertai pembatasan jam operasional dan jumlah wisatawan.

Sebelum berkunjung, calon wisatawan harus melakukan registrasi daring terlebih dahulu, salah satunya menggunakan aplikasi WhatsApp.

Wakatobi di Sulawesi Tenggara tidak hanya terkenal akan pantainya, tapi juga tradisi penduduknya.

Kompas.com menyebutkan empat tradisi di Wakatobi yang menarik, yakni prosesi adat Kansoda'a, tradisi Bangka Mbule-mbule, Posepaa, dan Duata.

Duata, misalnya, adalah tradisi yang diadakan selama tiga hari dengan tujuan menghilangkan penyakit yang masuk ke dalam kampung dan mengobati orang sakit.

Sedangkan, tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi di Wakatobi, di antaranya Pantai Taduno yang letaknya tersembunyi dan Desa Liya Tago yang merupakan desa penghasil makanan tradisional Wakatobi, yaitu singkong, kedondong, dan asam.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/02/171612127/6-destinasi-wisata-yang-jadi-hadiah-untuk-dikunjungi-greysia-polii-apriyani

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.