Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Menuju Merbabu View & Cafe, Searah dengan Jalur Pendakian Merbabu via Cuntel

KOMPAS.com – Kawasan utara Gunung Merbabu memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama alam dari ketinggian.

Salah satu tempat wisata yang termasuk baru adalah Merbabu View & Cafe. Tempat ini baru buka pada April 2021.

Merbabu View & Cafe merupakan tempat makan outdoor yang menyajikan keindahan panorama alam lereng utara Merbabu.

Bangunan resto juga dibuat unik dan Instagramable, sehingga pas untuk tempat foto dengan latar belakang pemandangan indah.

Jika ingin berkunjung ke Merbabu View & Cafe, jam bukanya adalah pukul 05.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB.

Rute menuju Merbabu View & Cafe

Merbabu View & Cafe tepatnya berada di Dusun Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kota terdekat untuk sampai ke sana adalah Salatiga dengan jarak tempuh sekitar 19,5 kilometer (km) atau kurang-lebih 40 menit.

Dari Kota Salatiga, menuju Merbabu View & Cafe dapat dilakukan dengan melalui Jalan Raya Salatiga-Solo. Kemudian belok kanan di pertigaan menuju Jalan Lingkar Salatiga.

Ikuti Jalan Lingkar Salatiga sejauh 4 km atau sekitar 6 menit. Saat sampai di perempatan, belok kiri memasuki Jalan Magelang-Salatiga.

Lurus terus di Jalan Magelang-Salatiga sejauh sekitar 10,1 km atau kurang-lebih 20 menit. Kondisi jalan akan mulai menanjak dan berliku karena berada di lereng utara Gunung Merbabu.

Setelah berkendara sejauh jarak tersebut, nanti jalan utama akan berbelok cukup tajam ke kanan. Tepat di belokan, ada jalan lurus ke arah selatan yang lebih kecil.

Mulai dari sini, tinggalkan jalan utama dan lurus masuk ke Jalan Umbul Songo yang lebih kecil. Di sekitar sini terdapat beberapa tempat wisata, seperti Taman Wisata Kopeng.

Lurus terus ikut jalan utama sejauh sekitar 2,5 kilometer (km) atau kurang-lebih 15 menit. Perjalanan akan sampai di Merbabu View & Cafe.

Kondisi jalan cukup menanjak menjelang sampai. Jalan ini juga merupakan rute menuju jalur pendakian Gunung Merbabu via Cuntel. Lokasi Merbabu View & Cafe pun tidak jauh dari Basecamp Pendakian Merbabu via Cuntel.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/03/093100127/rute-menuju-merbabu-view-cafe-searah-dengan-jalur-pendakian-merbabu-via

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke