Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pandemi Covid-19, Jam Check-in dan Check-out Hotel Lebih Fleksibel

KOMPAS.com – Waktu check-in dan check-out di hotel merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui saat hendak menginap di hotel.

Adapun, check-in merupakan proses saat tamu resmi datang atau tiba di hotel sekaligus memasukan barang-barangnya ke dalam kamar.

Sementara check-out adalah proses saat para tamu mengeluarkan barang-barangnya dari kamar, serta membayar biaya jika mereka memakai layanan tambahan, atau memakai minibar.

Pada saat check-out, wisatawan juga akan mengembalikan kunci kamar kepada resepsionis di lobi hotel.

Director Marketing & Communications InterContinental Jakarta Pondok Indah, T Marlene Danusutedjo, mengatakan bahwa secara umum, waktu check-in dan check-out di semua hotel sama.

“Pada umumnya, check-in adalah di jam dua siang dan check-out di jam 12 yang mana ini terjadi pada setiap hotel pada umumnya, dan sudah banyak juga dipahami atau dialami oleh pelanggan,” ujarnya, Jumat (30/7/2021).

Marlene menuturkan, waktu check-in dan check-out tersebut juga berlaku saat high-season seperti libur sekolah. Kendati demikian, waktu tersebut menurut dia hanya berlaku sebelum pandemi Covid-19.

Saat ini sejumlah hotel telah mengubah waktu check-in dan check-out menjadi lebih fleksibel.

Namun, fleksibilitas waktu tersebut lebih mengarah pada paket menginap yang ditawarkan oleh masing-masing hotel.

“Saya sempat cek dengan hotel-hotel anggota Himpunan Humas Hotel (H3), ada yang mengadakan paket promosi dengan early check-in (check-in lebih awal) misalnya,” jelas Marlene.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Director Business Development and Sales Marketing PT Hotel Sahid Jaya International Tbk. Vivi Herlambang, Minggu (1/8/2021).

Dia menjelaskan, waktu check-in dan check-out yang lebih fleksibel tergantung pada paket menginap yang ditawarkan oleh hotel atau ketersediaan kamar.

“Fleksibel tergantung ketersediaan kamar itu boleh saja. Ada juga (berdasarkan) paket-paket seperti early check-in atau early check-out. Kalau paket-paket itu (early check-in), bisa check-in misal jam 10,” tutur Vivi.

Sementara untuk hotel Marlene, pihak InterContinental Jakarta Pondok Indah menyesuaikan waktu check-in dengan kedatangan tamu, sementara untuk check-out tetap pada pukul 12.00 WIB.

Khusus untuk paket karantina bagi WNA dan WNI yang tiba dari luar negeri, Marlene mengatakan bahwa pihaknya menerapkan waktu check-out yang lebih fleksibel.

“Teristimewa untuk paket repatriasi tujuh malam, memang kami lebih fleksibel. Check-out tergantung hasil tes PCR. Kalau hasil belum keluar ya tentu kita fleksibel untuk jam check-out tamunya,” ucapnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/03/141000927/pandemi-covid-19-jam-check-in-dan-check-out-hotel-lebih-fleksibel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke