Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wengi, Wahana Misteri dengan Konsep VR Digelar pada Oktober 2021

KOMPAS.com - Acara bertema misteri di Indonesia, baik di televisi maupun YouTube, umumnya mengajak penonton menjelajahi sebuah tempat guna mencari tahu cerita di baliknya. 

Berangkat dari kegiatan tersebut, sebuah wahana misteri bernama Wengi hadir untuk menjawab rasa penasaran masyarakat akan kegiatan penelusuran dan berkomunikasi dengan makhluk alam lain. 

Wahana berkonsep virtual reality (VR) ini akan digelar secara roadshow mulai Oktober 2021 di Yogyakarta, kemudian berlanjut ke Surabaya, Semarang, Jakarta, dan Bandung pada Maret 2022. 

Untuk di Yogyakarta, Wengi akan diadakan mulai 8 Oktober hingga 7 November 2021. 

Awalnya, Wengi direncanakan untuk dimulai di Jakarta pada September 2021, tetapi terpaksa diundur akibat situasi pandemi Covid-19.

"Keputusan ini sesungguhnya sangat berat, tetapi kami sebagai pihak penyelenggara telah sepakat untuk lebih mengutamakan kondisi kesehatan dan berkomitmen untuk selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Untuk kota-kota lainnya sementara ini tidak ada perubahan jadwal," kata General Manager Panorama Live Andriani Tirtawisata melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Wahana misteri ini merupakan hasil kerja sama antara Panorama Live dengan kanal YouTube Diary Misteri Sara dan Rekata Studio. 

Adapun Diary Misteri Sara adalah kanal YouTube yang salah satu acara utamanya adalah menelusuri sebuah lokasi, lalu membagikan cerita dari makhluk alam lain yang ada di tempat tersebut. 

Diadakan secara offline dan online

Wengi akan mengajak peserta untuk merasakan apa yang dialami Sara Wijayanto, seorang psychic light trance medium dari Diary Misteri Sara. 

Acara tersebut akan diadakan secara offline dan online berdurasi 20-25 menit karena peserta akan dibawa ke sebuah area yang telah dirancang sebelumnya.

Di akhir perjalanan, peserta akan mengikuti penelusuran misteri bersama tim dari Diary Misteri Sara. Mereka juga dapat memilih satu dari empat jalan cerita yang berbeda. 

Adapun konsep VR dipilih karena dalam sebuah penelusuran yang sesungguhnya, energi dari makhluk alam lain yang sedang diajak berkomunikasi sangat besar, dan belum tentu semua orang memiliki ketahanan fisik yang kuat. 

Menerapkan protokol kesehatan

Dilansir dari situs web resminya, para peserta tetap harus menerapkan protokol kesehatan selama mengikuti acara, di antaranya dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Mereka diharapkan membawa surat keterangan sehat berupa hasil swab antigen dan/atau memperlihatkan sertifikat vaksin Covid-19 saat melakukan registrasi ulang di area acara. 

Selain itu, mereka juga harus berusia 13-59 tahun, serta membawa smartphone beserta paket data yang cukup untuk mengikuti acara tersebut, earphone, dan hand sanitizer. 

Adapun pihak penyelenggara sudah menyediakan VR Box. 

Harga tiket dan proses refund

Apabila tertarik untuk mengikuti wahana misteri ini, calon peserta dapat memesan dan membeli tiket lewat situs web resminya. 

Untuk tiket pre-sale Wengi di Yogyakarta, misalnya, dapat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 125.000 untuk hari Senin-Kamis, Rp 155.000 untuk hari Jumat-Minggu, dan Rp 465.000 untuk paket gabungan empat jalan cerita (bundling).

Sementara itu, bagi calon peserta yang sudah membeli tiket Wengi di Jakarta dan ingin uangnya dikembalikan (refund), berikut langkah-langkahnya:

Refund  melalui Explorer:

  • Mengirim pesan WhatsApp ke nomor 0819-9096-2288 dengan menyertakan bukti screenshot pembelian tiket dan ID pemesanan. 
  • Pihak Wengi selanjutnya akan mengirim tautan ke Google form untuk proses pengembalian uang.
  • Proses pengembalian uang akan berlangsung maksimal 14 hari. Jika belum kembali, mereka dapat menghubungi nomor WhatsApp di atas.

Refund melalui Tiket.com:

  • Tiket.com akan mengirim e-mail berisi pilihan penjadwalan ulang (reschedule) atau refund (pengembalian uang).
  • Jika memilih refund, uang akan kembali dalam kurun waktu 14 hari.
  • Jika belum mendapat e-mail balasan dari Tiket.com atau uang belum diterima dalam jangka waktu 14 hari, kirim pesan WhatsApp ke nomor 0819-9096-2288.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/04/162617027/wengi-wahana-misteri-dengan-konsep-vr-digelar-pada-oktober-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke