Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wacana Syarat Masuk Malioboro, Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mewacanakan wisatawan yang masuk Malioboro wajib menunjukkan kartu vaksin.

"Sekarang kita mau pelan-pelan orang yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin. Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (kartu vaksin)," kata Luhut usai memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Setda Sleman, Jumat (6/8/2021).

Menanggapi pernyataan Luhut, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa sekarang ini tidak hanya wisatawan yang wajib menunjukan kartu vaksin. Seluruh pelaku perjalanan saat masuk ke daerah lain wajib menunjukkan kartu vaksin.

"Semua perjalanan dari satu kota ke kota lain kan wajib membawa kartu vaksin dan melampirkan hasil swab, jadi ini tidak hanya untuk Malioboro. Otomatis, pelaku perjalanan dari mana pun masuk ke Yogyakarta wajib menunjukannya," ujar dia, Jumat (6/8/2021).

Menurut Heroe, itu merupakan kebijakan yang in line karena saat seseorang dari daerah lain masuk ke Kota Yogyakarta, maka akan dilakukan pengecekan.

Otomatis ketika memasuki kawasan wisata, yang bersangkutan sudah melalui tahap pemeriksaan oleh petugas.

"Nanti kita akan melakukan upaya untuk monitoring. Jadi besok kami juga akan membuat sesuatu yang berbeda saat PPKM berakhir, kita harus buat mekanisme yang beda supaya orang yang masuk bisa dipastikan membawa surat vaksin dan antigen," jelas Heroe.

Ia menjelaskan skema pemeriksaan nantinya berbeda dengan sebelumnya dilakukan saat pemeriksaan surat keterangan sehat yang menggunakan sistem acak. Nantinya, kendaraan-kendaraan besar seperti bus akan dilakukan pengaturan dan pemeriksaan surat vaksin.

"Kalau gak bawa ya tidak boleh masuk. Ini susah jadi aturan seluruh Indonesia," kata dia.

Vaksinasi jadi akan jadi syarat bepergian

Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan lakukan kunjungan ke shelter rusunawa Bener, Tegalrejo. 

Di sana, Lihut mengatakan bahwa pihaknya bersama Gubernur DIY menargetkan vaksinasi di Yogyakarta sudah 100 persen selesai pada September 2021.

Selain mengajak warga yang terpapar covid untuk segera isolasi di shelter, Ia juga mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Luhut juga menyatakan bahwa nantinya vaksinasi menjadi salah satu syarat untuk bepergian terutama di bidang pariwisata.

"Nanti Malioboro jalan (mulai normal), kita minta untuk menunjukan kartu vaksin. Ini untuk keselamatan kita semua, jadi saya titip bapak ibu agar tetap hati-hati," tutur Lihut

https://travel.kompas.com/read/2021/08/07/121200527/wacana-syarat-masuk-malioboro-wajib-tunjukkan-kartu-vaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke