Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peziarah yang Sempat Hilang di Gunung Ungaran, Tidak Lewat Jalur Wisata Pendakian

UNGARAN, KOMPAS.com - Tiga peziarah dengan tujuan Sendang Suroloyo Gunung Ungaran sempat hilang kontak sejak Kamis (5/8/2021) sebelum ditemukan oleh relawan pada Sabtu (7/8/2021) sekira pukul 11.00 WIB.

Mereka mendaki melalui Desa Nyantnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jalur yang mereka daki pun berbeda dengan jalur wisata pendakian. Biasanya, pendaki menjangkau puncak tertinggi Ungaran (Puncak Banteng Raider dan Puncak Botak) via Perantunan atau basecamp Mawar. 

Menurut Kepala Desa Nyatnyono bernama Parsunto, kejadian tiga orang hilang ini adalah yang pertama kali.

"Sejak saya menjabat, ini adalah kejadian yang pertama. Memang jarang peziarah yang naik hingga Puncak Suroloyo," jelasnya saat dihubungi.

Parsunto mengatakan bahwa Puncak Suroloyo Gunung Ungaran secara geografis masuk ke dalam wilayah Perhutani.

"Tapi memang paling dekat itu Desa Nyatnyono, kalau jalan ke Puncak Suroloyo butuh waktu sekitar dua sampai tiga jam," tuturnya.

Puncak Suroloyo Gunung Ungaran, bukan tempat wisata

Selain sendang, para peziarah juga biasa ngalab berkah ke dua makam yang berada di bawah puncak. Yakni di dekat wilayah Ngipik ada Makam Mbah Ceguk atau Mbah Abdullah dan yang dekat di area hutan cemara ada Makam Mbah Nyai Suko.

"Itu bukan jalur pendakian, juga bukan untuk ritual ya. Tapi yang naik kesana itu biasanya punya maksud tertentu," kata Parsunto.

Menurut dia, jalur menuju Sendang Suroloyo memang sudah ada meski tidak terawat karena jarang dilalui. Bahkan, belum tentu dalam waktu satu bulan ada yang menuju Puncak Suralaya.

"Ada juga jalur yang dibuat untuk para petani dari desa, kalau tidak terbiasa juga bisa tersesat karena cenderung itu jalan pintas dan khusus buat yang sudah hapal," terangnya.

Parsunto mengatakan, adanya kejadian tiga peziarah hilang kontak selama tiga hari tersebut memberi pelajaran untuk Pemerintah Desa Nyatnyono.

"Kami akan berupaya memerbaiki jalur agar memudahkan peziarah, ini demi keselematan semua," jelasnya.

Selain itu dia juga berpesan kepada peziarah agar saat datang ke lokasi memiliki niat yang baik.

"Kita di dunia ini tidak hidup sendiri, tapi berdampingan dengan dunia lain sehingga harus saling menghormati," kata Parsunto.

Dia juga meminta agar peziarah tidak berpisah dari rombongan dan saling menjaga, menjaga fisik, membawa logistik yang cukup, serta tidak berpikiran kosong.

"Yang penting niat kita baik, pasti akan menjadi baik karena semua akan kembali ke diri kita sendiri," tegas Parsunto.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/07/161600327/peziarah-yang-sempat-hilang-di-gunung-ungaran-tidak-lewat-jalur-wisata

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke