Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun

KOMPAS.com - Aceh adalah provinsi di ujung Pulau Sumatera yang memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata bahari sampai wisata alam. 

Keindahan alam yang memesona membuat beragam tempat wisata di Aceh sebaiknya tak dilewatkan, terutama jika kamu sedang berkunjung ke sana.

Jangan lupa pula mencicipi kuliner khas yang bakal membuat sesi melancongmu menjadi semakin lengkap.

Tempat wisata Aceh

Kompas.com telah merangkum 20 tempat wisata di Aceh yang menarik untuk dikunjungi, Sabtu (07/08/2021), berikut daftarnya:

1. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee yang berpasir putih terletak di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Objek wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer (km) dari Banda Aceh.

Pihak pengelola pantai telah menyediakan beragam fasilitas dan atraksi untuk pengunjung, di antaranya jembatan apung dan net voli.

Sejumah warung penjual makanan dan minuman juga bisa dijumpai di tempat ini. 

Danau Laut Tawar di Aceh berada di atas Dataran Tinggi Gayo, serta dapat ditempuh sekitar tujuh jam dari Banda Aceh.

Saat berwisata di danau yang dikelilingi bukit ini, pengunjung dapat menyewa kapal untuk berlayar ke tengah danau.

Panorama yang indah membuat tempat wisata Aceh ini sayang untuk dilewatkan.

Dilansir dari Kompas TV, Air Terjun Pria Laot berlokasi di pelosok Pulau Weh, Sabang, Aceh.

Pengunjung perlu berjalan melewati batuan terjal dan menyeberangi sungai guna mencapai air terjun ini.

Di bawah derasnya air terjun, terdapat sebuah kolam dengan luas 10 meter persegi yang berkedalaman antara satu sampai satu setengah meter.


4. Pulau Rubiah

Untuk pencinta aktivitas diving dan snorkeling, Pulau Rubiah adalah salah satu tempat wisata Aceh yang dapat dikunjungi.

Pulau yang termasuk dalam wilayah Kota Sabang ini terkenal akan pemandangan bawah lautnya. Pulau ini juga menjadi rumah dari 14 biota laut yang dilindungi.

Bagi pengunjung yang tak membawa peralatan menyelam sendiri dapat menyewa di tempat tersebut dengan harga mulai dari Rp 400.000 per orang.

Sama seperti Air Terjun Pria Laot, Goa Sarang juga terletak di Pulau Weh. Disebut Goa Sarang lantaran objek wisata ini dipenuhi sarang burung walet.

Goa ini memiliki mulut yang langsung menghadap ke laut. Oleh karena itu, jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat Kabupaten Aceh Besar yang terletak di seberang pulau.

Pemandangan matahari terbenam (sunset) di Goa Sarang menjadikan daya tarik di tempat wisata Aceh ini begitu sayang untuk dilewatkan.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski tak begitu tinggi, jalur pendakiannya dinilai cukup menantang.

Tempat wisata Aceh yang satu ini juga terhubung dengan Gunung Leuo di Desa Berawang, Sabang, Aceh.

Tak hanya Danau Laut Tawar, Aceh juga memiliki Danau Aneuk Laot di Kota Sabang. 

Pengunjung bisa bermain air atau sekadar bersantai di tepi mengamati air danau.

Danau Laut Tawar menawarkan beberapa lokasi wisata, salah satunya adalah dermaga kayu di Pantai Menye.

Dermaga ini berupa sandaran perahu yang dibangun di tepi Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah.

Untuk menjangkau tempat wisata Aceh ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Objek wisata Buntul Rintis berlokasi di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Objek wisata ini berupa perbukitan yang memiliki beberapa wahana. Pengunjung dapat menemukan spot foto dengan beragam konsep.

Adapun, beberapa spot favorit pengunjung, antara lain sepeda gantung, replika kincir angin, dan spot kupu-kupu.

Dermaga Dedalu terletak di sekitar Danau Laut Tawar. Objek wisata ini menyediakan pondok-pondok kecil bagi pengunjung yang ingin melihat Danau Laut Tawar dari pinggir.

Tak hanya itu, ada spot foto favorit berupa jalanan kayu yang menghadap bukit dan danau.

Jika beruntung, pengunjung juga bisa mencoba menaiki kuda milik penduduk setempat yang kadang mencari rumput di sekitar Danau Laut Tawar.

11. Pantan Terong

Pantan Terong bisa menjadi pilihan tempat wisata Aceh, lokasinya berada di puncak bukit kawasan Dataran Tinggi Gayo. Pengunjung dapat menyaksikan lanskap Kabupaten Aceh Tengah dari tempat ini.

Ada dua buah jalur yang bisa ditempuh untuk sampai ke puncak Pantan Terong.

Jalur pertama diperuntukkan bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan bermotor.

Sementar jalur lainnya digunakan oleh pengunjung yang ingin berjalan kaki sampai ke puncak.

12. Bur Lancuk Leweng

Bur Lancuk Leweng terletak di atas bukit, tepatnya di Kampung Asir Asir, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah.

Bukit ini dulunya pernah digunakan sebagai landasan terbang layang.

Pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di tempat ini. 

Objek wisata Air Terjun Blang Kolam dapat dijumpai di tengah hutan di Desa Sido Muliyo, Nisam Antara. Letaknya dikatakan cukup terpencil

Meski begitu, fasilitas di tempat wisata Aceh ini lumayan lengkap. Pengunjung bahkan bisa menjumpai warung milik warga setempat.

14. Air Terjun Tansaran Bidin

Satu lagi air terjun yang dapat menjadi pilihan tempat wisata Aceh, yakni Air Terjun Tansaran Bidin.

Destinasi ini terletak di hutan pinus di Desa Tansaran Bidin, Bandar, Bener Meriah, Aceh.

Jika ingin mengunjungi air terjun berketinggian 70 meter ini, pengunjung perlu melewati jalan setapak sekitar 300 meter dari desa terdekat.

Air terjun ini memiliki aliran sungai yang cukup deras, sehingga pengunjung perlu berhati-hati saat bermain air di sepanjang aliran air terjun.

Pucok Krueng adalah tempat wisata berupa goa dengan kolam berwarna biru. Tempat wisata Aceh ini terletak di Desa Mon Ikeun, Lohknya, Aceh Besar.

Akses menuju objek wisata ini terbilang cukup sulit. Sebab, wisatawan harus melewati jalur terjal yang belum diaspal di sekitar perkebunan warga.

Pulau Keluang menjadi salah satu tempat berkemah di Aceh. Pengunjung bisa mengakses tempat ini dengan menaiki kapal milik warga setempat.

Secara administratif, Pulau Keluang terletak di Kecamatan Jaya atau sekitar 78 km dari Banda Aceh.

Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu tempat wisata Aceh yang wajib dikunjungi wisatawan selama menghabiskan waktu di provinsi tersebut. 

Museum ini merupakan monumen untuk mengenang bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 silam.

Bangunan yang terletak di Banda Aceh ini menyimpan berbagai benda yang menggambarkan betapa dahsyatnya bencana tersebut, sekaligus juga menjadi pusat pendidikan dan evakuasi jika bencana tsunami kembali terjadi.

18. Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareng merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kota Sabang, tepatnya di Ujong Kareung, Sukajaya.

Tempat wisata ini menawarkan hamparan pasir putih dengan batuan karang di sepanjang bibir pantai. Pengunjung juga bisa memancing ikan di pantai ini.

Salah satu bangunan ikonik di Sabang adalah Tugu Kilometer Nol. Tugu setinggi 22,5 meter ini merupakan replika bentuk senjata khas Aceh, yakni rencong.

Mengutip Kompas.com, pengunjung bisa melihat pemandangan lautan dari tempat ini. Tak hanya itu, mereka umumnya juga mendapat sertifikat dari Dinas Pariwisata Kota Sabang sebagai tanda pernah mengunjungi Tugu Kilometer Nol. 

20. Air Terjun Silelangit

Air Terjun Silelangit berada di Kampung Singgersing, Kecamatan Sulat Daulat, Kota Subulussalam. Obyek wisata ini berupa air terjun bertingkat yang dikelilingi pepohonan.

Mengutip situs resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh, Air Terjun Silelangit dapat diakses menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari Singgersing.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/08/091100327/20-tempat-wisata-alam-di-aceh-dari-pantai-hingga-air-terjun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke