Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Pulau di Jepang Ini Didominasi Kucing

KOMPAS.com – Penduduk Pulau Tashirojima di Ishinomaki, Prefektur Miyagi, Jepang kebanyakan adalah kucing.

Melansir situs resmi Japan National Tourism Organization (JNTO), pulau ini disinggahi oleh 25 persen manusia dan 75 persen kucing.

Bahkan, Pulau Tashirojima atau Pulau Kucing ini merupakan salah satu pulau hewan yang patut dikunjungi selain Zao Fox Village yang dipenuhi rubah dan Kota Nara yang dipenuhi rusa.

Sejarah kucing di Pulau Tashirojima

Jika menilik sejarahnya, Tashirojima merupakan pulau yang menjadi pusat produksi ulat sutera.

Untuk menghilangkan hama yang tidak diinginkan, kucing pun dibawa untuk berpatroli di jalanan dan hutan terdekat.

Warga kota akan merawat kucing semi-liar dan nelayan akan memberi mereka sisa hasil tangkapan harian mereka.

Namun yang pasti sejak awal, selalu ada satu aturan yang penting di pulau tersebut, yakni anjing tidak diperbolehkan masuk.

Lambat laun, sementara populasi manusia yang menua makin menurun selama bertahun-tahun, para kucing yang dirawat dengan baik justru berlipat ganda.

Banyaknya kucing yang mendiami Pulau Tashirojima membuat pulau menjadi destinasi wisata populer.

Tempat melihat kucing

Kapal feri yang berlayar ke Pulau Kucing berhenti pada dua pelabuhan. Untuk melihat kucing, wisatawan dapat melewati permukiman kecil di sekitar Pelabuhan Odomori.

Dari sana, lanjutkan perjalanan ke desa yang berada di Pelabuhan Nitoda. Di sini, kucing dapat dikatakan sebagai bos desa tersebut.

Sebab, mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan. Wisatawan bisa memotret kucing-kucing yang tengah jalan ke sana kemari, atau kucing yang sedang bermalas-malasan sambil mengabaikan pengunjung.

Selain melihat, bermain, dan memotret kucing, kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan di Pulau Tashirojima adalah trekking santai di jalur yang tidak terlalu panjang.

Pengunjung juga bisa berkunjung ke kuil kucing. Letaknya berada di tengah hutan dan dibangun untuk menghormati seekor kucing yang mati tertimpa batu.

Sejak dulu, masyarakat Pulau Kucing percaya bahwa kucing memberi mereka keberuntungan. Wisatawan bisa berdoa di kuil tersebut untuk membawa pulang keberuntungan.

Spot wisata lain yang dapat dikunjungi adalah Manga Island yang letaknya berada di seberang Desa Nitdoa. Area ini dipenuhi beberapa akomodasi kucing yang unik.

Wisatawan harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Namun, siapa pun dapat berkunjung untuk melihat arsitektur unik tersebut.

Tahun ini, International Cat Day atau Hari Kucing Internasional jatuh pada 8 Agustus 2021. Salah satu kegiatan yang bisa dikunjungi adalah dengan melancong ke Pulau Tashirojima.

Kendati demikian, saat ini Jepang masih menutup perbatasannya untuk kegiatan wisata. Namun, kamu bisa catat dulu pulau ini untuk dikunjungi saat situasi dan kondisi sudah memungkinkan.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/08/200800827/unik-pulau-di-jepang-ini-didominasi-kucing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke