Salin Artikel

Ini Layanan VIP Bandara Soekarno-Hatta untuk Sambut Atlet Olimpiade Tokyo 2020

KOMPAS.com – Rombongan tim Indonesia yang mengikuti ajang olahraga internasional Olimpiade Tokyo 2020 tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Rabu (4/8/2021) sekitar pukul 23.00 WIB.

Melansir Kompas.com, Kamis (5/8/2021), rombongan tersebut terdiri dari Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Anthony Sinisuka Ginting, dan Praveen Jordan yang bertanding dalam cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Ada juga Rahmat Erwin Abdullah dan Nurul Akmal (cabor angkat besi), Vidya Rafika (cabor menembak), serta Lalu Muhammad Zohri dan Alvin Tehupeirory (cabor atletik).

Kedatangan mereka langsung disambut oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna, dan pejabat organisasi olahraga lainnya.

Menurut informasi dalam akun Twitter Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta @imigrasi_soetta, para atlet tersebut juga disambut dengan pelayanan VIP dari Keimigrasian.

Kabid Tikim Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Sam Fernando mengatakan, layanan VIP merupakan prosedur pemeriksaan keimigrasian untuk orang-orang tertentu.

“Biasanya diberikan kepada pejabat sekelas presiden, wakil presiden, menteri, dan tamu negara,” jelas dia kepada Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Mengutip akun Twitter Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, pelayanan ini juga diberikan kepada rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud atau Raja Salman pada 2017.

Sam menuturkan, meski layanan keimigrasiannya beda, namun alur verifikasi dokumen dan pemeriksaannya sama dengan layanan keimigrasian pada umumnya.

Kendati demikian, tetap ada pembeda dalam jalur yang digunakan oleh mereka yang dilayani secara khusus.

“Jalur penumpang yang dilalui berbeda, pelayanan ini diberikan agar pemeriksaan keimigrasiannya lebih cepat. Karena para atlet tidak perlu mengantre di tempat pemeriksaan imigrasi bersama penumpang lain,” ujar Sam.

Dia menambahkan, saat turun dari pesawat, orang-orang yang dilayani secara khusus akan langsung diarahkan ke Gedung VIP Bandara Soekarno-Hatta tanpa mengantre di konter pemeriksaan imigrasi atau mengambil bagasi.

Terkait pelayanan VIP, Sam menegaskan, orang-orang tidak bisa membayar kepada pihak Imigrasi untuk dilayani secara khusus jika tidak termasuk dalam kategori orang yang diizinkan.

“(Tapi) kami punya layanan bagi kelompok rentan di bandara yang mirip dengan VIP. Kelompok rentan itu seperti anak bayi, orang yang memiliki kebutuhan khusus, orang tua (berusia) di atas 65 tahun, dan ibu hamil,” pungkas Sam.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/09/130900327/ini-layanan-vip-bandara-soekarno-hatta-untuk-sambut-atlet-olimpiade-tokyo

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.