Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Heart of Europe di Dubai Bakal Dilengkapi Terumbu Karang Seluas 500.000 Meter Persegi

KOMPAS.com - Pengembang properti Kleindienst Group berencana membuat terumbu karang seluas 500.000 meter persegi.

Adapun, Kleindienst Group adalah pengembang megaresort Heart of Europe, jaringan pulau buatan The World Islands di Dubai, Uni Emirat Arab.

Di sana, mereka akan mendirikan The Coral Institute untuk merawat dan meregenerasi karang.

Heart of Europe terdiri atas enam pulau yang terletak 3,2 kilometer (km) dari pantai Dubai. Pulau-pulau tersebut memiliki tema negara-negara di Eropa.

Wisatawan dapat memilih lokasi yang dirancang menyerupai Swedia, Jerman, Swiss, dan Venesia.

The Coral Institute nantinya akan melengkapi wisata Heart of Europe dengan hamparan terumbu karang. Tujuan utamanya juga untuk merawat dan meregenerasi karang.

Teknik membuat terumbu karang adalah "fragmentasi", yakni proses memotong bagian karang dengan gergaji listrik kecil.

Cara itu memungkinkan setiap karang berpotensi beregenerasi ratusan kali. Bagian-bagian karang tersebut kemudian akan disimpan di tangki air guna dipantau dan dirawat tim ahli biologi kelautan sampai mereka tumbuh cukup besar untuk membentuk terumbu karang.

Lindungi terumbu karang di sekitar Teluk Arab

Dilansir dari CNN, Kamis (5/8/2021), Chairman Kleindienst Grup Josef Kleindienst mengatakan, The Coral Institute akan menyimpan dan melindungi terumbu karang di sekitar Teluk Arab.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas New York Abu Dhabi (NYUAD) dan Emirates Environmental Agency (EEA) pada tahun 2018, Lebih dari 73 persen terumbu karang di Uni Emirat Arab musnah akibat pemutihan karang.

Ia melanjutkan, Heart of Europe bertujuan untuk menunjukkan bahwa pembangunan tempat wisata dan kehidupan laut dapat dilakukan secara berdampingan dan berkelanjutan.

Karang dapat membuat lokasi wisataHeart of Europe menjadi ramah lingkungan. Terumbu karang juga bakal menghiasi pemandangan hotel mewah, 4.000 properti perumahan, dan lebih dari 50 tempat wisata di Heart of Europe.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/10/123100427/wisata-heart-of-europe-di-dubai-bakal-dilengkapi-terumbu-karang-seluas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke