Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat Masuk ke Malioboro dan Stasiun Tugu, Wajib Vaksin dan Pakai Masker

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menetapkan kawasan Stasiun Tugu dan Malioboro sebagai kawasan wajib pakai masker dan wajib vaksinasi bagi wisatawan yang berkunjung.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, penerapan aturan tersebut bertujuan untuk mempercepat herd immunity. 

“Kita mencanangkan kawasan Stasiun Tugu dan Malioboro sebagai kawasan wajib masker dan wajib vaksin. Sekaligus untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok yang ada di tengah-tengah kita,” katanya saat meninjau vaksinasi di Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta, Rabu (11/8/2021).

Ia menambahkan, kasus penularan Covid-19 di Kota Yogyakarta masih mengalami peningkatan walaupun sudah cenderung menurun dibanding sebelumnya.

Namun, menurutnya kasus kematian di kota itu masih mengkhawatirkan.

“Tidak ada hal lain yang terbaik yang dilakukan saat ini adalah mewajibkan masyarakat untuk divaksin,” kata dia.

Dalam mencanangkan Stasiun Tugu dan Malioboro sebagai kawasan wajib vaksin, Haryadi mengaku konsekuensinya akan cukup berat karena vaksinasi harus bisa menjangkau seluruh warga.

“Mewajibkan ini mempunyai konsekuensi yang cukup berat. Karena kita harus menjangkau semuanya yang namanya wajibkan harus dilakukan,” ucapnya. 

Ia berharap sebelum 17 Agustus 2021 pihaknya bisa segera mencanangkan area wajib vaksin di Malioboro dan lokasi-lokasi lainnya. 

Nantinya, wisatawan akan diperiksa oleh petugas sebelum masuk ke kawasan Malioboro. Apabila mereka belum divaksinasi, maka mereka tidak langsung diminta keluar kawasan. 

“Wisatawan yang belum vaksin bukan kita minta keluar dari Malioboro, tetapi kita minta vaksin dulu. Jadi teman-teman kita di Malioboro yang bertugas akan melakukan sampling,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan, pihaknya saat ini sedang bersiap untuk mendukung pencanangan Malioboro sebagai kawasan wajib vaksin.

“Ini kita persiapkan, jadi sementara ada yang terjaring bisa ke Stasiun Tugu dulu untuk mendapatkan vaksinasi, tetapi kita juga siapkan pada event tertentu untuk vaksinasi," kata Emma.

Selain itu, aturan wajib vaksin dan wajib masker tersebut rencananya akan diterapkan juga di lokasi-lokasi lain. 

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, wacana tentang aturan wajib vaksin di Malioboro disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Sekarang kita mau pelan-pelan orang yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin. Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (kartu vaksin)," kata Luhut usai memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Setda Sleman, Jumat (6/8/2021).

https://travel.kompas.com/read/2021/08/11/181131127/syarat-masuk-ke-malioboro-dan-stasiun-tugu-wajib-vaksin-dan-pakai-masker

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke