Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amerika Serikat Berencana Sambut Turis Asing Bervaksin Lengkap

KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) berencana mewajibkan wisatawan asing untuk divaksinasi Covid-19 lengkap sebelum berlibur di negara tersebut. 

Menurut Reuters, rencana itu merupakan bagian dari upaya membuka kembali perbatasan negara. 

Adapun pembukaan perbatasan dinilai dapat membangun kembali industri penerbangan dan perjalanan. 

Kendati demikian, AS masih belum siap untuk mengimplementasikan rencana tersebut secepatnya akibat meningkatnya kasus Covid-19 dan adanya virus corona varian Delta. 

Pihak Gedung Putih (White House) telah berdiskusi dengan maskapai penerbangan mengenai penerapan kebijakan vaksinasi untuk wisatawan asing.

Mereka juga perlu menetapkan bentuk dari bukti vaksinasi dan jenis vaksin yang akan diterima, termasuk jenis vaksin yang disetujui di sejumlah negara lain namun belum disetujui oleh pemerintah AS. 

Pembatasan perjalanan di AS pertama kali diberlakukan pada Januari 2020 untuk wisatawan dari China guna menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Sejak saat itu, tak sedikit negara yang juga dimasukan ke dalam daftar tersebut. 

Dilansir dari data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang diperbaharui pada 30 April 2021, berikut daftar negara yang penduduknya dibatasi untuk masuk ke AS:

Walau Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut, namun di aturan CDC terbaru pada Senin (9/8/2021), Indonesia masuk dalam kelompok negara level 4 dengan risiko Covid-19 sangat tinggi.

Dalam situs webnya, CDC tidak menyarankan warga AS untuk melakukan perjalanan ke negara-negara level 4. Kalaupun harus bepergian, mereka harus sudah divaksinasi lengkap. 

Saat ini pengunjung yang diizinkan untuk masuk ke AS melalui jalur darat adalah pekerja sektor tertentu, antara lain pengemudi truk dan perawat dari Meksiko dan Kanada.

Menurut CDC, saat ini tidak ada kewajiban vaksinasi bagi yang ingin masuk ke AS, sementara penduduk AS yang bepergian ke luar negeri tidak harus divaksinasi saat kembali ke negaranya.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/12/151300327/amerika-serikat-berencana-sambut-turis-asing-bervaksin-lengkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke