Salin Artikel

7 Pantai di Banyuwangi yang Cocok Dikunjungi Usai PPKM

KOMPAS.com - Terletak di ujung Timur Pulau Jawa, Banyuwangi dikenal memiliki deretan pantai menarik untuk dikunjungi.

Pantai yang ada di Banyuwangi pun memiliki pesona beragam. Pasir di pantai-pantai tersebut juga memiliki warna berbeda, mulai dari putih hingga kecokelatan.

Berikut ini tujuh pantai di Banyuwangi yang bisa dikunjungi setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berakhir.

Pantai Bama berada di kawasan Taman Nasional Baluran. Pengunjung bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut, serta hutan bakau.

Karena lingkungannya yang sangat dilindungi, banyak monyet liar di kawsan ini. Pengunjung diharapkan untuk berhati-hati terutama pada kawanan monyet liar yang kerap mencuri makanan.

Oleh sebab itu saat makan dan minum, pengunjung harus menggunakan tempat khusus yang sudah disediakan pengelola agar terhindar dari serang monyet.


2. Pantai Sukamade

Pantai ini masuk ke dalam tujuan wisata favorit di Banyuwangi. Pantai Sukamade juga menjadi tujuan yang cocok saat berwisata bersama keluarga.

Selain mendapat hiburan dari panorama alam, pengunjung juga dapat belajar mengenai penangkaran penyu laut. Pantai Sukamade termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Bahkan jika beruntung, pengunjung juga bisa turut serta dalam pelepasan tukik atau anak penyu pada pagi hari.

Tak heran jika, pantai ini juga menjadi salah satu tujuan yang direkomendasikan oleh salah satu agen perjalanan, Wisata Alam Indonesia Tour & Travel.

"Wisata edukasi seperti berkunjung dan menginap di area konservasi penyu laut di pantai sukamade. Dikombinasikan dengan wisata pantai Pulau Merah dan Taman Nasional Baluran," tutur pihak Wisata Alam Indonesia Tour & Travel kepada Kompas.com pada Selasa (10/8/2021).

3. Pantai Boom Marina

Pantai yang satu ini terletak tak jauh dari pusat Kota Banywangi atau lebih tepatnya di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi.

Pantai ini dulunya diketahui sebagai dermaga yang digunakan untuk bongkar muat kapal. Namun, kini Pantai Boom Marina telah dirombak menjadi tempat wisata.

Pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari memancing sampai membeli ikan di pasar lelang. Pengunjung juga bisa menyaksikan sebuah jembatan unik dan Instagramable.


4. Pantai Pulau Merah

Berbicara tentang wisata Banyuwangi rasanya tak akan lengkap tanpa menyertakan Pantai Pulau Merah. Pantai ini memang menjadi salah satu primadona pariwisata Banyuwangi.

Pengunjung dapat menyaksikan pemandangan berupa pulau setinggi 200 meter dari bibir pantainya.

Ombak dan kondisi Pantai Pulau Merah ini juga cocok bagi pengunjung yang ingin belajar selancar.

5. Pantai Rajegwesi

Wisata Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pasir pantainya berwarna kecokelatan dengan bebatuan besar di beberapa sudut pantai.

Pantai ini juga dikelilingi oleh deretan pohon hijau yang lebat. Pengunjung juga bisa menjumpai bekas bunker yang digunakan pada zaman penjajahan Jepang.

Ombak Pantai Rajegwesi cukup tenang. Oleh sebab itu wisatawan bisa bermain air dengan cukup aman di sini.


6. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung sudah tidak asing bagi pencinta selancar karena dikenal sebagai salah satu tempat terbaik melakukan olahraga itu.

Lengkungan dan ketinggian ombak yang memikat pencinta selancar mengantarkan Pantai Plengkung sebagai tuan rumah Liga Surfing Dunia 2020 lalu.

Pantai yang juga dikenal dengan sebutan G-Land ini terletak di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo.

7. Pantai Teluk Hijau

Objek wisata ini terletak di bagian Desa Sarongan, Pesanggrahan, Banyuwangi. Seperi namanya, teluk di bagian selatan Pesanggrahan ini terlihat memiliki air berwarna hijau dari kejauhan.

Tak hanya menikmati bentangan pantai berpasir putih dengan air berwarna hijau, pengunjung juga dapat menikmati deretan pepohonan rindang di sekitar pantai.

Letak pantai ini dapat dibilang tersembunyi dari keramaian. Wisatawan biasanya singgah ke pantai ini saat hendak mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri dan pantai Sukamade.

Bagi wisatawan yang berniat mengunjungi deretan pantai di Banyuwangi setelah PPKM, jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun. Jangan lupa pula segera melakukan vaksinasi.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/14/123100227/7-pantai-di-banyuwangi-yang-cocok-dikunjungi-usai-ppkm

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.