Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendakian Gunung Lawu Masih Tutup Jelang 17 Agustus, Banyak Pendaki Kecele

KOMPAS.com – Momen 17 Agustus biasanya dirayakan para pendaki gunung dengan melakukan upacara bendera di atas ketinggian.

Kegiatan tersebut hampir selalu rutin dilakukan setiap tahunnya jelang hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI.

Namun, rutinitas itu terhenti pada tahun 2021. Para pendaki tidak bisa merayakan 17 Agustus di gunung-gunung Pulau Jawa karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat atau Level 4.

Padahal, biasanya gunung-gunung selalu dipadati orang setiap momen 17 Agustus. Salah satunya adalah Gunung Lawu yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Diberitakan Kompas.com, Minggu (16/8/2020), sempat viral video pendaki yang memadati pintu gerbang pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu saat itu.

Hal itu berbeda dengan tahun ini karena seluruh jalur pendakian Gunung Lawu masih ditutup saat momen 17 Agustus 2021.

Banyak pendaki kecele

Jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho merupakan salah satu rute menuju puncak gunung setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut itu.

PPKM Darurat pun membuat jalur tersebut masih ditutup selama lebih dari satu bulan sejak Sabtu (3/7/2021).

Hal itu dikonfirmasi oleh pengelola Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho bernama Eko.

“(Pendakian Gunung Lawu via Cetho untuk momen 17 Agustus 2021) Masih tutup, mas,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Ia juga membenarkan jika dilakukan penjagaan ekstra di Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho pada malam 17 Agustus 2021.

Eko juga menyampaikan bahwa sudah banyak calon pendaki yang kecele. Mereka tidak bisa mendaki karena jalur pendakian masih tutup.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/16/190700027/pendakian-gunung-lawu-masih-tutup-jelang-17-agustus-banyak-pendaki-kecele

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke