Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Jepara, Main Air di Pulau Panjang

KOMPAS.com - Kabupaten Jepara di Jawa Tengah memiliki banyak keindahan alam yang dapat dinikmati wisatawan.

Jepara terkenal akan keindahn ukiran mebelnya dan menjadi tempat kelahiran penggagas emansipasi wanita di Indonesia, R.A Kartini.

Wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Jepara pada akhir pekan, berikut adalah itinerary 2 Hari 1 Malam di Jepara.

Hari pertama di Jepara

Pantai Kartini

Pantai Kartini berada di sebelah barat pendopo Kantor Bupati Jepara. Lokasi pantai ini tepatnya ada di Desa Bulu, Kabupaten Jepara. Jaraknya hanya sekitar 4,5 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Jepara dengan waktu tempuh kurang-lebih 12 menit.

Pantai denggan luas sekitar 3,5 hektar ini dilengkapi berbagai sarana pendukung, di antaranya dermaga penyebrangan ke Pulau Panjang, pelabuhan ke Kepulauan Karimunjawa, Akuarium Raksasa Kura-Kura Ocean Park, dan hotel.

"Pantai Kartini ini cocok buat keluarga karena tempatnya sudah mirip dengan tama. Jadi (bisa) menikmati hawanya (yang) sejuk dan tempat untuk foto juga banyak," kata Tour Guide Jepara Tri Kusuma Yulianto dilansir dari Kompas.com, Kamis (26/9/2021)

Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Kartini ini sebesar Rp 5.000 per orang di hari biasa, dan Rp 8.000 per orang di hari libur.


Pulau Panjang

Pulau Panjang berlokasi di Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Menurut Tri, wisatawan dapat menyewa kapal kecil untuk ke sana dengan perjalanan sekitar 30 menit.

Pulau ini tidak berpenghuni. Hanya ada para penjual makanan dan suvenir. Namun, terkadang pengunjung menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat untuk berkemah.

Pemandangan alam yang indah dengan pepohonan dan lautan biru yang jernih menjadi daya tarik utama Pulau Panjang.

Salah satu aktivitas di Pulau Panjang adalah bermain air di pantainya. Ombak yang tidak terlalu besar membuat aktivitas ini dapat dilakukan dengan cukup aman.

Tri menginfokan, berwisata ke Pulau Panjang makin murah jika bersama rombongan karena harga sewa perahu adalah sekitar Rp 100.000-Rp 300.000 per rombongan.

2. Pantai Bondo

Setelah berlabuh di dermaga Pantai Kartini dari Pulau Panjang, wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Bondo yang jaraknya sekitar 18 km. PantaiBondo terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara.

Hamparan pasir putih sepanjang pantai ini ditemani pepohonan pandan yang teduh di pinggir pantai memanjakan pengunjung dengan indahnya pemandangan alam. Ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga aman untuk aktivitas main air.

Telah tersedia sarana pendukung yang dapat dinikmati wisatawan, di antaranya gazebo, spot-spot foto, tempat minum kopi, dan rumah makan.

"Tempatnya bagus untuk foto-foto, pasirnya putih dan airnya bening. Di sana banyak kafe-kafe juga yang bisa dijadikan tempat santai," tutur Tri.

Wisatawan juga bisa menikmati panorama matahari terbenam. Namun setelah matahari terbenam, tampak lampu-lampu berkerlip yang berasal dari PLTU yang letaknya dekat dengan Pantai Bondo.

Biaya masuk ke Pantai Bondo sebesar Rp 8.000 - Rp 10.000 per orang. Namun untuk wisatawan yang masih anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 - Rp 7.000.


Hari Kedua di Jepara

Museum R.A. Kartini

Museum R.A. Kartini yang telah berdiri sejak 30 Maret 1975 terletak di Jalan Alun-Alun nomor 1, Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Museum ini jaraknya sekitar 1,9 km dari pusat kota, dan menempuh waktu perjalanan sekitar 5 menit.

Museum ini dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara dan merupakan obyek wisata sejarah dan edukasi.

Museum ini terbagi menjadi empat ruang koleksi. Ruang pertama berisi peninggalan Kartini, ruang kedua berisi benda-benda Jepara kuno, ruang ketiga berisi pengobatan Dar Oes Salam, dan ruang keempat berisi kerajinan terkenal dari Jepara.

"Semua peninggalan sejarahnya kota Jepara dan peninggalan R.A Kartini rapi ada di museum, masih bagus. Dari mesin jahit yang umurnya udah puluhan tahun, andong, foto R.A Kartini saat masih kecil, album foto keluarga Kartini, sampai foto keturunannya." tutur Tri.

Harga tiket masuk Museum R.A Kartini sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000.

Desa Troso

Desa Troso berlokasi di Kecamatan Pecangaan, Jepara. Jaraknya dari pusat kota sekitar 15 km dengan waktu tempuh 27 menit perjalanan.

Sejak tahun 2010, Desa Troso bersama warga dan pemerintah setempat diusung sebagai desa wisata atraksi tenun Troso. Tujuannya adalah untuk mengenalkan tenun serta proses pembuatannya kepada wisatawan.

Sekitar 200 meter dari pintu gerbang Desa Troso, terdapat deretan toko-toko dan butik yang menjual kain tenun Troso dengan motif yang beragam. Wisatawan dapat membeli kain, atau baju siap pakai. Kisaran harga kain di sana mulai dari Rp 100.000.

Lebih jauh lagi, sekitar 1 km dari pintu gerbang desa ini, terdapat permukiman penduduk. Menariknya, hampir di setiap teras rumah penduduk ada alat-alat menenun. Di Troso, alat yang digunakan disebut dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).

https://travel.kompas.com/read/2021/08/29/113100127/itinerary-2-hari-1-malam-di-jepara-main-air-di-pulau-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke