Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Gunungkidul Masih Tutup, Ada Antisipasi Kedatangan Wisatawan

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memutuskan belum membuka kawasan wisata sampai 6 September 2021.

Hal itu sesuai Instruksi mendagri nomor 38 tahun 2021 tentang PPKM Level 4 DIY diperpanjang hingga tanggal 6 September.

"Iya masih ditutup sementara karena DIY masih level 4," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono kepada Kompas.com, Selasa (31/8/2021).

Disinggung mengenai kawasan wisata pantai yang terus didatangi wisatawan saat masih tutup, Harry mengatakan pihaknya bersama petugas dari TNI-Polri, Satpol PP, hingga SAR Satlinmas terus berusaha menghalau pengunjung.

Diakuinya untuk kawasan wisata terutama pantai, setiap akhir pekan terus didatangi wisatawan.

Pihaknya juga akan selalu mengantisipasi kedatangan wisatawan yang diprediksi makin banyak karena level PPKM daerah-daerah di Jawa Tengah sudah turun, sehingga ada pelonggaran.

"Sabar dulu (jangan berwisata) ke Gunungkidul karena kondisi Jogja (DIY) levelnya masih 4," tutur Hary. 

Harry meneruskan bahwa untuk mencegah wisatawan masuk melalui jalur tikus, pihaknya juga berkoordinasi dari Kelurahan setempat untuk ikut menjaga.

"Sabtu dan Minggu kita minta tambahan petugas dari teman-teman Dishub, Kepolisian, hingga tim SAR," ucap Harry.

Pelaku wisata berharap kepastian kapan buka

Penutupan tempat wisata yang berkepanjangan pun membuat pelaku wisata di Gunungkidul berharap kepastian kapan bisa buka lagi.

Salah Pengelola Persewaan alat Snorkeling Pantai Nglambor, Tepus, Adhitya Putratama mengatakan, rata-rata setiap minggu selama pandemi ada 50 an orang menyewa alat snorkelingnya.

Saat ini pihaknya terpaksa menutup persewaan, dan tidak bisa mempekerjakan beberapa Pihaknya berharap adanya kepastian sampai kapan perpanjangan penutupan kawasan wisata.

"Kami berharap dari pemerintah untuk memastikan sampai kapan adanya penutupan kawasan wisata. Jangan mendadak terus," kata Adhitya.

Sebelumnya, pemilik rumah makan di Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Mujiyanto. penutupan kawasan wisata menyebabkan dirinya tak mendapatkan penghasilan.

"Warung tutup, tetapi segala kebutuhan tetap harus dipenuhi mulai makan hingga anggsuran terus berjalan," ucap Mujiyanto.

Dia khawatir jika penutupan kawasan wisata diperpanjang, maka akan banyak warung makan ataupun tempat usaha di kawasan wisata tutup.

Saat ini dirinya praktis hanya mengandalkan tabungan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Lama kelamaan tabungan yang dimiliki habis dan ujung-ujungnya banyak yang gulung tikar," kata Mujiyanto.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/31/140200127/wisata-gunungkidul-masih-tutup-ada-antisipasi-kedatangan-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke