Salin Artikel

Pendakian Gunung Gede Pangrango Buka Lagi 2 September, Wajib Bawa Bukti Vaksin

KOMPAS.com – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) resmi membuka kembali seluruh jalur pendakian mulai 2 September 2021 dengan pembatasan kuota maksimal 25 persen.

“Betul, mulai dibuka besok tanggal 2 September,” kata Petugas Pelayanan Pendakian TNGGP yang tidak ingin disebut namanya kepada Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

Adapun, informasi tersebut juga telah diunggah melalui akun Instagram resmi balai taman nasional tersebut yakni @bbtn_gn_gedepangrango, Selasa (31/8/2021).

Sebagai informasi, pendakian Gunung Gede Pangrango memiliki tiga jalur pendakian resmi yang tersebar di Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi yaitu Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana.

  • 7 Tempat Wisata di TN Gunung Gede Pangrango, Apa Saja?
  • Puncak Halimun Camp Bogor, Kemah di Tengah Gunung Salak dan Gede Pangrango
  • Pendakian Gunung Gede Pangrango Buka Lagi 2 September, Wajib Bawa Bukti Vaksin

Seluruh jalur tersebut dibuka lagi berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Balai TNGGP Nomor 1360/BBTNGGP/Tek.2/08/2021 tentang Pembukaan Kegiatan Pendakian TN Gunung Gede Pangrango.

SE tersebut menindak lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali yang dikeluarkan pada Senin (30/8/2021).

Selain wisata pendakian, pihak TNGGP juga membuka kembali kegiatan wisata alam dan kemah pada tanggal dan kuota kunjungan yang sama.

Adapun, pembukaan ini mengikuti arahan dari SE Kepala Balai TNGGP Nomor 1359/BBTNGGP/Tek.2/08/2021 tentang Pembukaan Kegiatan Wisata Alam TN Gunung Gede Pangrango.

Terkait syarat kunjungan—baik untuk wisata pendakian, wisata alam, maupun kemah—perwakilan Balai TNGGP mengatakan semuanya sama.

Saat ini, seluruh wisatawan yang hendak berkunjung ke kawasan TNGGP wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal satu dosis lewat aplikasi PeduliLindungi.

  • 8 Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango di Musim Hujan, Waspada Angin
  • Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan, Ini Panduannya
  • Simak, Cara Menuju Gunung Gede Pangrango dari Jakarta

Apabila belum divaksin, pengunjung wajib menunjukkan hasil negatif rapid antigen H-1 atau tes PCR H-2.

“Syarat ini berlaku untuk pengunjung wisata maupun pendakian. Kegiatan wisata tidak perlu reservasi kunjungan, bisa langsung datang ke tempat. Pendakian perlu reservasi di https://booking.gedepangrango.org,” jelas dia.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/01/153300927/pendakian-gunung-gede-pangrango-buka-lagi-2-september-wajib-bawa-bukti-vaksin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.