Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PT KAI Gratiskan KA Bandara YIA hingga 16 September 2021

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggratiskan tarif KA Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) menjadi Rp 0 hingga Kamis (16/9/2021).

“Pemberlakuan tarif Rp 0 berlaku pada periode 1-16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan persnya.

Masyarakat bisa membeli tiket KA Bandara YIA di loket stasiun lintas Yogyakarta-Bandara YIA tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Kendati demikian, Joni mengatakan bahwa pihaknya membatasi penjualan tiket menjadi 50 persen untuk memudahkan aturan jaga jarak.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut jadwal perjalanan KA Bandara YIA yang Kompas.com rangkum, Kamis (2/9/2021):

Lintas pelayanan

Saat masa sosialisasi selesai, yakni pada 17 September, tiket KA Bandara YIA juga dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access dengan tarif promo sebagai berikut:

Syarat naik KA Bandara YIA

Terkait syarat, Joni menjelaskan bahwa pihaknya mengikuti aturan dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) Nomor 58 Tahun 2021.

Alhasil, KA Bandara YIA saat ini hanya diperuntukkan bagi pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal lantaran KA Bandara termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan. Berikut rincian syaratnya:

  • Wajib membawa surat tanda registrasi pekerja (STRP)
  • Alternatif poin sebelumnya adalah surat keterangan lainnya yang dikeluarkan Pemerintah Daerah setempat, atau surat tugas dari pimpinan perusahaan
  • Penumpang tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif tes PCR atau rapid antigen
  • Merujuk pada poin sebelumnya, PT KAI akan melakukan pemeriksaan rapid antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun

“Pelanggan diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara YIA untuk menjaga keamanan bersama,” tegas Joni.

Sebagai informasi, KA Bandara YIA menempuh jarak 40,2 kilometer (km) dari Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Bandara YIA.

Dengan menggunakan KA Bandara, waktu perjalanan dipangkas dari 1,5 jam menjadi 39 menit saja. Hadirnya KA ini akan mempermudah masyarakat untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan.

Sebab, tutur Joni, saat ini Bandara YIA sudah terintegrasi dengan jalur KA. Menurutnya, integrasi antarmoda ini sangat penting karena memudahkan masyarakat dalam bertransportasi.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/02/160400127/pt-kai-gratiskan-ka-bandara-yia-hingga-16-september-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke