Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniknya Kereta Kafe dan Museum di Madiun, Bisa Makan di Dalam Kereta

KOMPAS.com – Kota Madiun memiliki spot wisata terbaru yakni kereta kafe dan museum yang berlokasi di gedung PT Industri Kereta Api atau PT INKA.

Senior Manager PKBL, CSR, dan Stakeholder Relationship PT INKA Bambang Ramadhiarto mengatakan, kafe ini berlokasi di gedung dan di dalam kereta, sementara museum berada di dalam gedung.

“Kafenya di gedung lama kami, gedung bekas direksi dulu. Dan di kereta penumpang prototipe pertama PT INKA yaitu Si Belo Kuda Troya,” jelasnya kepada Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

  • Tak Hanya Punya Patung Merlion, Ini Dia 10 Tempat Wisata di Madiun
  • Layanan KRL Solo-Jogja Akan Diteruskan sampai Kutoarjo dan Madiun

Mengutip informasi dalam sebuah video di akun YouTube PT INKA, Si Belo Kuda Troya merupakan cikal bakal kereta penumpang produksi dalam negeri.

Bambang menuturkan, kafe dapat ditemukan di dalam gedung. Namun, wisatawan bisa memilih untuk menyantap makanan dan minuman yang telah dipesan di dalam prototipe kereta tersebut.

“Jadi kalau yang di kereta prototipe hanya untuk tempat makan saja, ada kursi zaman dulu yang terbuat dari rotan. Ini menggambarkan kereta ekonomi zaman 1980-an. Nanti bisa makan di situ. Wisatawan bisa makan di dalam kereta, teras gedung, atau di dalam gedung,” ungkap dia.

Museum perkeretaapian

Untuk museum, Bambang mengatakan bahwa tempat wisata ini sepenuhnya berada di dalam gedung dan tidak di prototipe Si Belo Kuda Troya.

Selama berkunjung ke sana, wisatawan bisa mempelajari sejarah perkeretaapian melalui beragam cara. Misalnya adalah melalui layar sentuh.

“Bisa melihat video-video, touch screen yang bisa (dipakai) untuk pilih mau lihat sejarah kereta atau tentang perkeretaapian, dan seputar teknologi kereta api untuk dipelajari masyarakat,” ujarnya.

Kemudian ada maket kereta mini yang bergerak, serta bioskop kecil kapasitas 16 orang yang akan menampilkan film-film seputar perkeretaapian.

Saat ini, kafe dan museum tersebut belum dibuka untuk umum meski sudah soft launching. Namun jika sudah dibuka, wisatawan bisa berkunjung dengan bus wisata.

“Kami sudah hubungi pak Wali Kota Madiun, ada rencana kalau (pandemi) Covid-19 sudah reda atau level PPKM turun, akan meluncurkan bus wisata di dalam kota untuk datangi beberapa tempat wisata termasuk gedung INKA,” jelas Bambang.

Nantinya, wisatawan akan diajak berkunjung ke kafe dan museum yang ada di gedung PT INKA. Namun, saat ini bus wisata belum beroperasi karena ada PPKM.

Harga tiket masuk, makanan, dan minuman

Kafe yang ada di gedung PT INKA akan menjual beragam makanan dan minuman ringan. Renananya, Bambang mengatakan kafe juga akan menyediakan makanan berat.

Terkait harga makanan dan minuman, dia menuturkan bahwa hal itu belum ditentukan. Sementara itu, wisatawan bisa berkunjung ke museum secara gratis.

“Jam operasionalnya belum kami tentukan, mungkin dari pagi sampai malam. Tergantung level PPKM. Nanti akan dibicarakan lagi dengan pihak Pemkot Madiun kapan bisa dibuka,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/06/120700427/uniknya-kereta-kafe-dan-museum-di-madiun-bisa-makan-di-dalam-kereta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke