Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Dieng Banjarnegara Akan Buka Lagi 10 September 2021

KOMPAS.com – Sejumlah tempat wisata di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah rencananya akan dibuka kembali mulai 10 September 2021.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto kepada Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

“Insyaallah kita buka 10 September karena masih perlu penataan fasilitas tambahan dengan diberlakukannya persyaratan sudah vaksin,” jelas Agung.

Adapun, tempat wisata yang akan menyambut kembali wisatawan adalah Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Merdada, Sumur Jalatunda, dan Kawah Candradimuka.

Sementara untuk tempat wisata lainnya di Banjarnegara, Agung mengatakan bahwa pembukaan kembali tergantung keputusan dari masing-masing pengelola.

“Obyek wisata lainnya menunggu kesiapan masing-masing dari pengelola. Dari regulasi selain protokol kesehatan 3M, juga ada syarat (wisatawan) sudah vaksin sehingga perlu ada kesiapan fasilitas lainnya,” ujar dia.

Dengan syarat kunjungan tersebut, alhasil pihak tempat wisata harus menyiapkan kode QR untuk dipindai oleh calon wisatawan melalui aplikasi PeduliLindungi.

Sebagai informasi, Kabupaten Banjarnegara sudah bisa membuka tempat wisata lantaran menurut data wilayah PPKM terbaru, destinasi wisata ini sudah memasuki PPKM Level 2.

Wisata Dieng akan dibuka jika masuk PPKM Level 2

Sebelumnya, kawasan Wisata Dieng masih ditutup untuk sementara waktu karena Kabupaten Banjarnegara masih dalam kategori PPKM Level 3.

Melansir Tribun Jateng, Senin (6/9/2021), Agung mengatakan bahwa pihaknya akan membuka kembali sejumlah tempat wisata di sana jika kabupaten itu turun level PPKM.

Kendati demikian, pihaknya sudah menggelar simulasi pembukaan Candi Arjuna dan Kawah Sikidang secara terbatas pada Minggu (5/9/2021).

“Ini adalah bagian dari upaya kami untuk mempersiapkan ketika pada saatnya nanti Banjarnegara pada PPKM Level 2, maka obyek wisata akan kita buka,” terangnya kepada Tribun Jateng.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/07/123449327/wisata-dieng-banjarnegara-akan-buka-lagi-10-september-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke