Salin Artikel

Surga Tersembunyi, Ini 5 Pantai di Likupang yang Wajib Kamu Kunjungi

KOMPAS.com – “September ceria, milik kita bersama”. Itulah penggalan lirik lagu "September Ceria" yang dibawakan oleh salah satu diva legendaris Indonesia, Vina Panduwinata.

Menurut pencipta lagu tersebut, yakni James F Sundak, "September Ceria" terinspirasi dari kondisi pergantian cuaca di dunia pada September. Kondisi ini mampu menciptakan kebahagiaan dan keceriaan.

Bagi dunia pariwisata, September juga merupakan bulan yang spesial. Pasalnya, melansir laman cheapair.com, Senin (16/9/2019), September merupakan waktu terbaik untuk berlibur. Sebab, pada bulan ini, cuaca cenderung baik sehingga kerap dikenal sebagai musim liburan.

Pada bulan itu pula, terdapat Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day (WTD). Untuk diketahui, Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations World Tourism Organization (UNWTO) menetapkan 27 September sebagai Hari Pariwisata Dunia sejak 1980.

Penetapan WTD bertujuan untuk mendorong pemahaman masyarakat internasional tentang pentingnya dampak pariwisata terhadap nilai budaya, sosial, ekonomi, politik serta lingkungan.

Keberadaan WTD diharapkan dapat membantu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) tercapai.

Untuk tahun ini, perayaan WTD mengambil tema “Tourism for Inclusive Growth”. Lewat tema itu, sektor pariwisata diharapkan dapat mendorong pembangunan secara inklusif.

Selain itu, pariwisata juga diharapkan dapat mempromosikan rasa saling hormat sembari membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, bidang pariwisata termasuk salah satu sektor yang berpotensi untuk terus dikembangkan. Ini karena Indonesia punya banyak destinasi wisata yang mampu menawarkan keindahan dan keunikan masing-masing.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas untuk dikembangkan. Dengan demikian, pariwisata bisa memiliki efek berantai kepada masyarakat sekitar.

Salah satu dari kelima destinasi tersebut adalah Likupang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Likupang menyimpan potensi wisata yang luar biasa.

Untuk mengembangkan kawasan itu, saat ini pemerintah tengah mendorong infrastruktur di Likupang.

“Pemerintah telah menetapkan rencana pengembangan infrastruktur jalan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang . Kami akan membangun jalan tol Manado – Bitung sepanjang 39 kilometer dan pelebaran jalan bypass dari Bandara Sam Ratulangi ke KEK Likupang sepanjang 31,5 kilometer,” ujar Sandiaga seperti diberitakan Kompas.tv, Jumat (5/3/2021).

Selain itu, tambah Sandiaga, pemerintah akan menambah kapasitas terminal Bandara Sam Ratulangi, dari kapasitas dua juta penumpang menjadi enam juta penumpang.

Pemerintah juga akan memperkuat akses jaringan internet dan akomodasi yang ramah bagi wisatawan dengan menerapkan standar Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE).

Mumpung berada di bulan spesial pariwisata dan mendekati Hari Pariwisata Dunia, tidak ada salahnya kamu mengenal lebih dekat surga tersembunyi di Likupang. Saat pandemi sudah membaik, kamu bisa mengunjungi dan menyaksikan sendiri keindahannya.

Sebelumnya, jangan lupa ikuti akun Instagram @pesonaid_travel untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pariwisata di Indonesia.

Berikut Kompas.com rangkum lima pantai yang wajib kamu datangi saat berada di Likupang.

1. Pantai Surabaya

Meski bernama Surabaya, pantai ini tak memiliki hubungan sama sekali dengan Kota Surabaya yang berada di Jawa Timur.

Pantai dengan pasir hitam legam ini terletak di daerah Wineru, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Untuk mencapai tempat ini, kamu memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan darat dari Manado.

Pantai Surabaya memiliki ombak yang cukup tenang dan sangat cocok bagi kamu yang ingin beristirahat sejenak dari padatnya rutinitas harian.

Selain itu, di pesisir pantai terdapat semacam pendopo yang dilengkapi dengan atap daun seho sebagai tempat berteduh.

Pendopo tersebut memang sengaja disediakan agar pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Surabaya dengan santai dan nyaman.

Kamu juga bisa menikmati kuliner andalan di pantai ini, yakni ikan bakar dengan nasi jagung.

2. Pantai Pulisan

Untuk bisa sampai di Pantai Pulisan, kamu bisa menempuh perjalanan darat selama dua jam dari Kota Manado. Meski cukup jauh, wisatawan akan dibuat takjub oleh keindahannya begitu sampai di pantai berpasir putih ini.

Pantai itu dianugerahi dengan kekayaan alam yang indah. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya terumbu karang yang memiliki warna yang eksotis.

Oleh karena itu, Pantai Pulisan sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling.

Selain keindahan laut, di sekitar pantai tersebut juga terdapat bukit padang sabana yang memiliki suasana menyejukkan. Kamu bisa mengabadikan momen, seperti berswafoto, di tempat ini.

Daya tarik wisata Pantai Pulisan semakin lengkap berkat keberadaan Gua Pulisan yang bersinggungan langsung dengan laut. Di sekitar gua tersebut, terdapat tebing bebatuan yang menyempurnakan kecantikan spot ini.

Di dekat Pantai Pulisan, juga terdapat Cagar Alam Tangkoko Dua Saudara. Cagar alam ini merupakan habitat untuk satwa langka dilindungi, di antaranya yaki dan burung maleo.

3. Pantai Sampiran

Seperti Pantai Pulisan, Pantai Sampiran juga dianugerahi dengan pasir putih nan memukau. Pantai ini terletak di Desa Kalinaun, Likupang Timur dan berjarak kurang lebih 7,4 kilometer (km) dari Pantai Pulisan.

Pantai itu juga cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri. Ini lantaran Pantai Sampiran memiliki ombak yang tidak begitu besar dan dilengkapi dengan banyak pohon kelapa di sekitarnya. Pohon kelapa membuat suasana lebih teduh.

Adapun warna air laut Pantai Sampiran yang sangat jernih bisa menjadi obat mujarab untuk melepas stres.

4. Pantai Paal

Pantai yang terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, ini merupakan salah satu pantai terbaik yang dimiliki Likupang.

Pasalnya, pantai tersebut memiliki air yang memiliki gradasi berwarna biru toska yang sangat bersih dan jernih.

Tak heran, pantai yang memiliki panjang sekitar 1 km tersebut kerap dipadati pengunjung.
Di sekitar pantai tersebut juga terdapat banyak rumah panggung yang berfungsi sebagai fasilitas ibadah dan toilet.

5. Pantai Likupang

Pantai Likupang berjarak kurang lebih 48 km dari Kota Manado. Pantai Likupang dianugerahi dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Kamu bisa membuktikannya sendiri dengan melakukan diving atau snorkeling. Sayangnya, kamu tidak bisa mengakses Pantai Likupang dengan kendaraan pribadi.

Kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari Terminal Paal 2 ke Terminal Likupang.
Itulah lima pantai tersembunyi yang bisa dikunjungi wisatawan saat berada di Likupang.

Sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, Likupang merupakan salah satu destinasi wisata bahari terindah yang hanya ada #DiIndonesiaAja.

Agar semakin lengkap, pastikan saat mengunjungi Likupang nanti, kamu membeli kain khas masyarakat Sulawesi Utara, yakni kain bentenan sebagai suvenir.

Bagi yang ingin membeli kerajinan khas Sulawesi Utara secara daring, kamu juga bisa mengunjungi platform #BeliKreatifLokal di tautan berikut.

Platform milik Kemenparekraf tersebut menyediakan suvenir dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Melalui platform tersebut, kamu bisa #BeliKreatifLokal dan mendukung para pelaku ekonomi kreatif.

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Likupang atau obyek wisata yang ada #DiIndonesiaAja, jangan lupa untuk tetap menaati protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (26/8/2021), hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.Dalam surat tersebut, setiap orang wajib menerapkan prokes 6M di tempat umum.

Adapun prokes 6M terdiri dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Pastikan juga kamu sudah mengikuti program vaksinasi yang telah dijalankan oleh pemerintah. Selain dapat melindungi diri dan orang terdekat dari Covid-19, vaksinasi juga dijadikan syarat untuk bepergian di Indonesia.

Saat ini, Kemenparekraf juga mengadakan sebuah program berhadiah bernama Pesona Punya Kuis (PUKIS). Pada program tersebut, Kemenparekraf menyediakan total hadiah senilai jutaan rupiah untuk kamu yang bisa menjawab tiga pertanyaan yang diberikan melalui akun Instagram @pesonaid_travel. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan berikut.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/10/090300927/surga-tersembunyi-ini-5-pantai-di-likupang-yang-wajib-kamu-kunjungi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Motif Batik Larangan Keraton yang Tak Boleh Dipakai Orang Biasa

Motif Batik Larangan Keraton yang Tak Boleh Dipakai Orang Biasa

Jalan Jalan
Panduan Wisata Kedai Sawah Sembalun Lombok Timur, Fasilitas, Jam Buka, dan Rute 

Panduan Wisata Kedai Sawah Sembalun Lombok Timur, Fasilitas, Jam Buka, dan Rute 

Travel Update
Masih Ada Long Weekend Mei 2022, Bisa Libur 4 Hari dengan Cara Ini

Masih Ada Long Weekend Mei 2022, Bisa Libur 4 Hari dengan Cara Ini

Travel Tips
Kreativitas Pemuda Desa Bangun Wisata Bukit Porong NTT yang Sukses Menangi Penghargaan

Kreativitas Pemuda Desa Bangun Wisata Bukit Porong NTT yang Sukses Menangi Penghargaan

Travel Update
Mulai 1 Juni 2022, Masuk Thailand Hanya Perlu 3 Syarat Ini

Mulai 1 Juni 2022, Masuk Thailand Hanya Perlu 3 Syarat Ini

Travel Update
4 Wisata Banyuwangi dengan Nuansa KKN di Desa Penari 

4 Wisata Banyuwangi dengan Nuansa KKN di Desa Penari 

Travel Update
Kawah Ijen via Bondowoso, Perjalanan Melalui Kaldera Gunung Api Purba

Kawah Ijen via Bondowoso, Perjalanan Melalui Kaldera Gunung Api Purba

Jalan Jalan
Citilink Tambah Rute dari Medan ke Aceh, Gunungsitoli, dan Sibolga PP

Citilink Tambah Rute dari Medan ke Aceh, Gunungsitoli, dan Sibolga PP

Travel Update
Panduan Car Free Day Jakarta, Khusus untuk Olahraga dan Tanpa PKL  

Panduan Car Free Day Jakarta, Khusus untuk Olahraga dan Tanpa PKL  

Travel Tips
Syarat Naik Pesawat Super Air Jet per 18 Mei 2022

Syarat Naik Pesawat Super Air Jet per 18 Mei 2022

Travel Update
Syarat Bawa Laptop dan Powerbank ke Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air

Syarat Bawa Laptop dan Powerbank ke Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air

Travel Update
Car Free Day Jakarta Kembali Dibuka 22 Mei, Berikut 6 Lokasinya 

Car Free Day Jakarta Kembali Dibuka 22 Mei, Berikut 6 Lokasinya 

Travel Update
Harga Tiket dan Rute ke Kedai Sawah Sembalun NTB, Jangan Sampai Nyasar

Harga Tiket dan Rute ke Kedai Sawah Sembalun NTB, Jangan Sampai Nyasar

Travel Tips
Cerita Malin Kundang dan Tradisi Merantau Laki-laki Minangkabau

Cerita Malin Kundang dan Tradisi Merantau Laki-laki Minangkabau

Jalan Jalan
Lagi Tren, Ini 6 Spot Campervan Kece di Bali

Lagi Tren, Ini 6 Spot Campervan Kece di Bali

BrandzView
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.