Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Festival Kampung Cempuk 2021 di Malang Kembali Digelar Virtual

MALANG, KOMPAS.com - Festival Kampung Cempluk ke-11 akan digelar secara virtual. Hal ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Gelaran festival secara virtual ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan para pemuda di Kampluk Cempluk, Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sebelumnya pada Festival Kampung Cempluk ke-10 yang berlangsung pada September 2020, festival itu juga digelar secara virtual.

Penggagas Festival Kampung Cempluk bernama Redy Eko Prasetyo mengatakan bahwa terselenggaranya festival secara virtual itu sebagai salah satu bentuk keberlangsungan gelaran seni budaya lokal yang sudah dilakukan sejak 2010.

"Salah satu bentuk eksistensi tersebut dibuktikan dengan terselenggaranya acara festival kampung atau bisa disebut juga sebagai hari raya kebudayaan Kampung Cempluk," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

Meski dilakukan virtual, sambung dia, Festival Kampung Cempluk tetap menghadirkan pertunjukan seni budaya yang menjadi kearifan lokal.

Redy meneruskan, pandemi pun menuntut semua pihak untuk selalu beradaptasi dengan iklim teknologi informasi.

"Adanya pandemi ini menuntut seluruh pihak termasuk Kampung Cempluk untuk beradaptasi dan berdampingan dengan pekembangan teknologi Informasi dan komunikasi," tutur dia.

Tema Festival Kampung Cempluk 2021

Pada gelaran tahun ini, Festival Kampung Cempluk mengambil tema "Meluaskan Pandangan serta Mempertajam Pikiran".

Tema itu diambil dari penggalan catatan Mohammad Hatta yang merupakan bapak pendiri bangsa.

"Tema ini mendorong pola baru untuk tetap mempertajam mata dan pikiran, serta kepekaan kolektif terhadap sesama warga kampung. Kolaborasi dan gotong royong harus tetap dilindungi, dijaga, dan diberdayakan sebagai kearifan lokal kampung," ujar Rendy.

Festival akan berlangsung pada 18 September 2021 dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 13.00 WIB dengan acara obrolan kampung bersama para pembakti kampung melalui platform zoom.

Sesi kedua dimulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB dengan pagelaran seni budaya serta penampilan talent dan musisi-musisi berbakat dari luar negeri maupun dari domestik.

Virtualisasi tampilan di pada festival itu dilakukan oleh tim kreatif Holution Studio Malang dari Universitas Brawijaya Technologi (UB Tech) dengan menampilkan bentuk kampung masa depan.

Tim acara dari karang taruna bernama Della mengatakan, banyak talent dari dalam dan luar negeri yang akan tampil pada festival itu.

"Bahkan musisi-musisi dari luar negeri, seperti Skotlandia, AS, Perancis. Dari Indonesia sendiri ada beberapa talent yang ikut hadir, yaitu musisi dari Jogja, Bali, Pontianak, Garut, Bandung, Surabaya, Sigi, serta tidak ketinggalan warga Kampung Cempluk sendiri," sambung dia.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/11/140232827/festival-kampung-cempuk-2021-di-malang-kembali-digelar-virtual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke