Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan Ikut Uji Coba Pembukaan Wisatawan

KOMPAS.com - Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang diizinkan ikut uji coba pembukaan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Hal tersebut diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Senin (13/9/2021). 

Sebelumnya diberitakan oleh Kompas.com, Kamis (9/9/2021), tempat wisata yang ikut uji coba di Jakarta adalah Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur. 

"Untuk wilayah Jakarta (yang dapat ikut uji coba) adalah Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, (dan) Kampung Budaya Betawi Setu Babakan," katanya saat Weekly Press Briefing, Senin. 

  • 3 Tempat Uji Coba Wisata di Yogyakarta Berubah, Ini Penjelasan Kadispar DIY
  • Pinus Sari Mangunan Gantikan Pantai Watu Lumbung untuk Uji Coba Buka
  • 2 Tempat Wisata di Jakarta Bakal Dibuka Kembali Lewat Tahap Uji Coba

Ia lalu menyebutkan sejumlah kriteria agar sebuah tempat wisata bisa ikut uji coba pembukaan kembali, di antaranya adanya sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability), durasi dalam aktivitas yang ditawarkan, dan penerapan aplikasi PeduliLindungi. 

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga menjelaskan bahwa evaluasi uji coba pembukaan kembali tempat wisata akan dilaksanakan tiap minggu.

"Dapat kami sampaikan bahwa evaluasi ini per minggu - dan (dalam) tiap evaluasi kita dapatkan info terbaru karena kita melibatkan industri," ucapnya.

Terletak di Jagakarsa, Kampung Betawi Setu Babakan merupakan area pelestarian warisan budaya asli Betawi. Dilansir dari Kompas.com (7/19/2015), area tersebut memiliki danau buatan seluas 30 hektar tempat beragam aktivitas wisata air. 

Selain itu, wisatawan juga bisa mencicipi aneka hidangan khas Betawi, antara lain kerak telor, laksa, gado-gado, sayur asem, dan nasi uduk. 

  • Pantai Kuta Bali Uji Coba Pembukaan untuk Wisatawan
  • PPKM Sampai 13 September, DIY Turun ke Level 3 dan 20 Tempat Wisata akan Uji Coba Buka
  • Mulai dari Batik Betawi hingga Boneka Ondel-ondel, Andalan Produk Ekraf Khas Betawi

Sebelumnya, pihak Kemenparekraf telah mengumumkan 20 tempat wisata di sejumlah daerah di Indonesia diperbolehkan ikut uji coba pembukaan untuk wisatawan.

Adapun tempat wisata yang dimaksud adalah:

  • DKI Jakarta (Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan).
  • Jawa Barat (Taman Safari Indonesia, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo).
  • Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, Taman Satwa Taru Jurug, Taman Tebing Breksi, Gembira Loka Zoo, dan Hutan Pinus Sari Mangunan).
  • Jawa Timur (Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, Maharani Zoo dan Gua). 

https://travel.kompas.com/read/2021/09/13/160817927/kampung-budaya-betawi-setu-babakan-ikut-uji-coba-pembukaan-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke