Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TMII Buka Dua Wahana untuk Uji Coba, Kunjungan Wisata Masih Sepi

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah atau TMII sudah membuka kembali dua wahana wisata per Jumat (10/9/2021).

Melansir Antara, Sabtu (11/11/2021), Kepala Humas TMII Adi Widodo mengatakan bahwa wisatawan sudah bisa berkunjung ke Museum Komodo, Taman Reptilia, dan Taman Burung.

"Hari ini, unit wahana yang dibuka baru dua yaitu Taman Burung dan Taman Reptilia karena wahana luar. Sementara anjungan, boleh sekadar di halaman," kata dia.

Sementara itu, rumah adat dan museum masih belum bisa dikunjungi wisatawan lantaran belum ada lampu hijau terkait pembukaan kembali wisata dalam ruangan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, Senin (13/9/2021), saat ini kawasan wisata TMII masih sepi pengunjung, termasuk di area replika Monas.

Biasanya, area tersebut dipenuhi wisatawan lantaran terdapat beragam penjual mainan dan stand kuliner yang buka. Anak-anak kerap berlarian di area itu. Wisatawan keluarga juga kerap piknik di rerumputan sekitar.

Sementara untuk anjungan, meski sudah dibuka kembali, terdapat beberapa yang masih terlihat sepi. Pintu gerbang juga terlihat masih ditutup.

Beberapa yang Kompas.com pantau masih sepi pengunjung adalah Anjungan Sumatera Barat, Anjungan Aceh, Anjungan Maluku, dan Anjungan Sulawesi Tenggara.

Untuk Anjungan Sumetera Utara, saat ini wisatawan belum bisa memasukinya karena sedang ada proses renovasi.

Selanjutnya, salah satu spot wisata yang sering ramai wisatawan yakni Danau Arsipelago juga sepi wisatawan. Jarang terlihat orang lalu lalang seperti sebelum PPKM Jawa-Bali diterapkan.

Tmii buka untuk olahraga

Sebelumnya, TMII sudah dibuka kembali sejak 20 Agustus lalu bagi wisatawan yang ingin olahraga.

Melansir salah satu unggahan dalam akun Instagram @tmiiofficial, Kamis (19/8/2021), hanya wisatawan yang sudah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama saja yang bisa berkunjung.

Mereka juga wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Pada saat itu, kapasitas kunjugan wisata ke TMII dibatasi maksimal 25 persen. Namun selama tahap uji coba, pihak TMII menaikkan kapasitas menjadi maksinal 50 persen.

Apabila ingin berkunjung, wisatawan wajib menunjukkan bukti vaksin, baik itu melalui sertifikat digital maupun cetak. Selanjutnya, wisatawan berusia di bawah 12 tahun masih belum bisa berkunjung.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/13/171104027/tmii-buka-dua-wahana-untuk-uji-coba-kunjungan-wisata-masih-sepi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke