Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Global Pertama di Asia

KOMPAS.com – Indonesia terpilih menjadi tuan rumah untuk forum pariwisata global pertama di Asia, Global Tourism Forum: Hybrid Event Leaders Summit Asia Indonesia 2021, pada 15-16 September 2021.

CEO World Tourism Forum Institute (WTFI) Sumaira Issac mengatakan, forum yang digelar di Raffles Hotel Jakarta dan secara daring ini merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Indonesia Tourism Forum.

“Forum ini merepresentasikan cara baru dalam berpikir, dan investasi yang berarti untuk mendukung pariwisata yang berarti. Di sini ada isu-isu yang akan didiskusikan, semuanya tentang memulai kembali ekonomi pariwisata global,” tuturnya.

  • Catatan Pendaki Pemula ke Gunung Parang di Purwakarta, Bagian 1
  • Desa Wisata Koto Mesjid Riau, Penghasil Olahan Ikan Patin
  • Perpustakaan Soeman HS, Perpustakaan Termegah di Pekanbaru

Hal tersebut disampaikan oleh Issac dalam konferensi pers virtual bertajuk “Global Tourism Forum 2021” pada Selasa (14/9/2021).

Dia melanjutkan, forum ini sekaligus menunjukkan kepada dunia pariwisata global bahwa Indonesia sudah buka untuk bisnis, dan merupakan jantung dari upaya pariwisata global untuk mengembalikan ekonomi pariwisata global.

“Forum ini juga memberi pesan yang kuat bahwa saat ini dunia akan dibuka kembali, dan pariwisata merupakan sesuatu yang dibutuhkan semua orang. Kami membutuhkan waktu enam bulan untuk menghadirkan forum ini,” jelas Issac.

  • Atraksi Air Mancur Menari di Kota Semarang Buka Lagi
  • 24 Pulau Terbaik di Dunia 2021 Versi Travel and Leisure, Bali Masuk Peringkat
  • Desa Wisata Alamendah Bandung, Tempat Mengamati Burung dan Wisata Religi

“Setiap pembicara dan program yang ada sudah dikurasi secara hati-hati. Kami harap pertemuan ini dapat memberi pesan yang positif bahwa pariwisata adalah bagian penting dari siklus ekonomi global,” imbuhnya.

Presiden WTFI Bulut Bagci pada kesempatan yang sama mengungkapkan alasan mengapa Indonesia dipilih sebagai tuan rumah forum tersebut.

Menurut dia, Indonesia merupakan destinasi wisata dengan potensi terbesar dan paling aman di Asia Tenggara.

“Kami juga melihat pemerintah Indonesia benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata. Ini hal yang penting karena pariwisata tidak bisa dikembangkan hanya dengan mengandalkan sektor privat,” ujarnya.

Beri pesan tentang Indonesia yang akan sambut wisman

Menparekraf Sandiaga Uno juga hadir dalam konferensi pers virtual tersebut. Dia mengatakan, forum ini diharap dapat memberi pesan bahwa Indonesia adalah destinasi wisata yang fokus pada protokol kesehatan.

Sebab, protokol kesehatan yang saat ini diterapkan di seluruh sektor pariwisata adalah protokol berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) yang mencakup kelestarian lingkungan (environmental sustainability).

  • 20 Oleh-oleh Khas Surabaya, Ada Sambal Bu Rudy hingga Bandeng Asap
  • Itinerary 3 Hari 2 Malam di Banda Aceh, Wisata Sejarah di PLTD Apung
  • Pantai Batu Berani di Bangka Barat, Tempat Transit dengan Suguhan Otak-otak dan Sunset

Selain itu, pihaknya juga mendukung adanya forum yang bisa memulai geliat pariwisata kembali karena sektor tersebut menurut dia sangat penting.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang memberi kontribusi besar kepada ekonomi global dan ASEAN,” ucap Sandiaga.

Sementara pesan lainnya yang disampaikan adalah Indonesia sebentar lagi akan membuka pintunya bagi wisatawan mancanegara (wisman).

“Pesan yang kami berikan adalah sebentar lagi kami akan menyambut kembali wisman. Kami juga akan lanjut mempersiapkan pembukaan kembali Bali dan 18 destinasi wisata lainnya, termasuk Batam dan Bintan, sebagai pilot project untuk pembukaan kembali kepada wisman,” ucap dia.

  • 5 Site di Gunung Bromo yang Sudah Bisa Dikunjungi dan Kuotanya
  • Harga Tiket Kereta Istimewa yang Ditumpangi Sandiaga Uno ke Cirebon
  • Wisata ke Tanah Lot Bali, Melihat Sunset hingga Ular Suci

Adapun, forum ini bisa diakses melalui https://www.globaltourismforum.org/global-tourism-forum-indonesia/. Sejumlah pembicara yang hadir selain Sandiaga dan Bagci adalah Menteri Pertanian Indonesia Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian Sekretaris Jenderal Asean Dato Lim Jock Hoi, Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon, dan Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Phiphat Ratchakitprakarn.

Isu-isu yang akan dibahas antara lain adalah potensi agrowisata di pasar global, pembukaan kembali pariwisata ASEAN kepada wisatawan asing, pariwisata Indonesia di era baru, dan pariwisata halal.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/14/150616227/indonesia-jadi-tuan-rumah-forum-pariwisata-global-pertama-di-asia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke