Salin Artikel

Taman Dedari di Bali, Wisata Baru dengan Kemegahan Puluhan Patung Batu

KOMPAS.com - Taman Dedari merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang belum lama berdiri.

Lokasinya ada di Jalan Raya Kedewatan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Kata dedari sendiri bermakna bidadari. Nama tersebut diambil dari legenda Resi Markandeya yang melihat turunnya bidadari di Sungai Ayung, tak jauh dari Taman Dedari.

Tempat wisata ini secara resmi baru buka pada 9 Januari 2021. Pengunjung dapat menyaksikan atraksi berupa patung berukuran besar di Taman Dedari.

"Taman Dedari dibangun dengan tujuan komersial dan sosial. Untuk sosialnya sendiri sebagai pelestarian budaya dan adat Bali."

"Kami juga memiliki tujuan untuk mengembangkan masyarakat sekitar," kata Riset Manager Taman Dedari, Dewo Ambirawa.

Daya tarik wisata di Taman Dedari

Taman Dedari berhasil menarik perhatian wisatawan dengan beberapa daya tarik, seperti patung raksasa setinggi 10 meter (m), restoran, dan penginapan.

"Konsepnya sendiri merupakan destinasi di mana ada tiga hal, yaitu leisure (tempat bersantai), dining (tempat makan), dan event (tempat acara)," imbuh Dewo.

Pengunjung dapat menjumpai puluhan patung batu di Taman Dedari. Dari sekitar 50 patung, terdapat empat patung berukuran besar dengan tinggi sekitar 10 m.

Terdapat pula empat patung berukuran sedang dengan ketinggian lima sampai enam meter. Ada juga 42 patung kecil yang dibangun sepanjang Sungai Ayung.


Akses dan fasilitas Taman Dedari

Taman Dedari terletak di lokasi yang cukup strategis. Akses menuju ke sana pun terbilang cukup mudah.

Pengunjung perlu berkendara selama 40 menit sampai 1 jam dari bandara Ngurah Rai naik mobil, motor atau pun bus. Pintu masuk Taman Dedari menjadi satu dengan The Royal Pita Maha Hotel.

"Untuk bus dengan kapasitas 40 orang masih mudah, tapi kalau bus dengan kapasitas 45 orang ke atas putarnya akan sedikit susah," terang Dewo.

Taman Dedari menyediakan fasilitas berupa lahan parkir yang luas. Pengunjung juga bisa menggunakan sarana berupa toilet, mushala, dan pura yang tersedia di Taman Dedari.

"Kalau menu favorit kami ada bebek krispi dedari, ayam betutu panggang, gurami goreng kriyuk. Untuk minumannya ada es jeruk kelapa, es mint madu, dan es lunak dedari," tutur Dewo.

Adapun harga menu makanan utama di Taman Dedari dibanderol mulai dari Rp 33.000 untuk menu Tipat Kuah Bali, sementara menu minuman dimulai dari Rp 15.000.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/14/200800527/taman-dedari-di-bali-wisata-baru-dengan-kemegahan-puluhan-patung-batu

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.