Salin Artikel

5 Oleh-oleh Kesenian Khas Bandung, Wayang Golek hingga Angklung

KOMPAS.com- Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan daerah sekitarnya di Jawa Barat memiliki beragam hasil kerajinan tangan dan kesenian yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh.  

Mulai dari alat musik hingga produk fesyen, semua bisa ditemukan oleh wisatawan.

Berikut Kompas.com rangkum 5 oleh-oleh kerajinan tangan dan kesenian khas Bandung dan sekitarnya yang bisa dibeli sembari berwisata di daerah tersebut:

1. Kerajinan tangan Lembang

Lembang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, terkenal akan wisata alamnya. Selain wisata alam, wisatawan juga dapat menemukan berbagai kerajinan tangan.

Adapun kerajinan tangan tersebut terdiri dari tas anyaman, keramik, hasil kerajinan bambu, dan masih banyak lagi yang dapat dijadikan buah tangan. 

Untuk membeli berbagai kerajinan tangan khas Lembang, wisatawan disarankan mengunjungi Jalan Raya Lembang. Mereka akan melihat banyak penjual kerajinan tangan di area tersebut. 

  • Bima Microlibrary Bandung, Perpustakaan Unik dari Kotak Es Krim
  • Itinerary 3 Hari 2 Malam di Bandung, Wisata Alam ke Situ Patenggang
  • Hari Radio Republik Indonesia, Kunjungi Museum Radio Antik di Kota Bandung

2. Tas dan sepatu Cibaduyut

Para penggemar produk mode dalam negeri bisa mengunjungi kawasan CIbaduyut, Kota Bandung, Jawa Barat.

Selain terkenal sebagai tempat belanja dengan harga barang yang murah, Cibaduyut juga merupakan tempat membeli berbagai tas dan sepatu. Desain sepatu dan tas yang ditawarkan juga tidak kalah modis dibanding produk buatan luar negeri.

Selain menjual berbagai tas dan sepatu kulit sebagai produk andalan, wisatawan juga dapat menemukan domet, ikat pinggang, sandal, dan berbagai aksesoris lainnya.


3. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional khas Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu. 

Wisatawan bisa menjadikan angklung sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Selain alat musik angklung, mereka juga bisa membeli miniatur angklung dalam bentuk gantungan kunci, hiasan meja, dan hiasan dinding.

Untuk membeli angklung, wisatawan bisa mengunjugi pusat-pusat kesenian di Bandung, salah satunya Saung Angklung Udjo. Selain membeli angklung, wisatawan juga dapat menikmati pementasan angklung.

Saung Angklung Udjo berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Bandung, yaitu di Jalan Padasuka No. 118, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Wayang golek

Selain angklung, pelancong bisa membawa wayang golek sebagai suvenir setelah berwisata di Bandung.

Adapun wayang golek adalah wayang tradisional yang berasal dari Jawa Barat yang sudah ada sejak lama.

Apabila tertarik membeli aneka suvenir wayang golek, pelancong bisa menuju Cupumanik yang terletak di Jalan Haji Akbar No.10, Pasar Kaliki, Cicendo, Kota Bandung.

Toko ini buka pada pukul 08.00-16.00 WIB dan tutup setiap hari minggu.

5. Batik Jawa Barat

Seperti daerah lainnya di Indonesia, Jawa Barat juga mempunyai batik. 

Adapun beberapa daerah di Jawa Barat mempunyai ciri khas batiknya masing-masing, di antaranya Batik Priyangan dari Tasikmalaya, Batik Cianjur dengan nuansa agraria, Batik Ciamis yang menggambarkan kerajaan Galuh, dan Batik khas Garut dengan garis diagonal atau belah ketupat.

Wisatawan bisa membeli berbagai ragam batik tersebut di Bandung.

Salah satu toko yang menjual berbagai macam batik adalah Batik Komar. Merek batik ini memiliki beberapa cabang toko, salah satunya yang berada di Jalan Sumbawa No.22, Bandung, Jawa Barat

https://travel.kompas.com/read/2021/09/15/152926427/5-oleh-oleh-kesenian-khas-bandung-wayang-golek-hingga-angklung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.