Salin Artikel

3 Wisata Yogyakarta yang Sudah Buka, Pas untuk Akhir Pekan

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan bahwa 20 tempat wisata akan dibuka kembali dalam tahap uji coba.

Dilansir dari Kompas.com, beberapa tempat wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga tercantum dalam daftar tersebut.

Berikut ini adalah sederet tempat wisata di Yogyakarta yang masuk dalam daftar uji coba dan akan segera dibuka kembali untuk umum.

Tebing Breksi

Obyek Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tempat ini merupapakan bekas pertambangan yang dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar Tabing Breksi dan mengambil foto.

Tebing Breksi terkenal dengan pemandangan matahari terbenam pada sore hari. Pemandangan sunset di tebing ini menjadi atraksi yang banyak diminati pengunjung.

Pengunjung juga dapat menikmati ukiran dan pahatan di dinding batu bekas tambang ini. Terdapat sebuah pahatan berbentuk naga di samping tangga yang ikonik.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat hendak berkunjung ke Tebing Breksi saat uji coba pembukaan adalah adanya pemberlakuan ganjil genap.

Gembira Loka Zoo

Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo terletak di Jalan Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Kebun binatang ini menjadi rumah bagi beragam spesies binatang dari berbagai penjuru dunia.

Pengunjung bisa mengamati kehidupan koleksi binatang yang ada di Gembira Loka Zoo. Ada pula sejumlah fasilitas dan wahana seperti ATV, speed boat, transportasi keliling, dan skuter untuk dijajal.

Pihak pengelola kebun binatang pun menyediakan tempat foto, gerai suvenir, masjid dan mushola, serta stroller bayi untuk pengunjung.

Pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa satwa yang tinggal di kebun binatang tersebut. Pemesanan tiket dapat dilakukan di situs gembiralokazoo.com.

Pinus Asri Mangunan

Wisata Hutan Pinus Asri Mangunan terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Hutan ini terkenal sebagai tempat treking yang ditutupi hutan pinus.

Pengunjung bisa berfoto-foto di obyek wisata ini. Pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati suasana hutan pinus yang rindang.

Tedarap sejumlah fasilitas seperti pondok dan rumah pohon yang kerap menjadi lokasi foto pengunjung. Obyek wisata ini buka mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB setiap harinya.

Sama seperti Tebing Breksi, akan dilakukan pula penerapan ganjil-genap di jalan menuju ke Pinus Asri Mangunan.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/18/080800627/3-wisata-yogyakarta-yang-sudah-buka-pas-untuk-akhir-pekan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.