Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute ke Tol Kahyangan Magelang di Lereng Gunung Merbabu

KOMPAS.com – Tol Kahyangan ternyata ada juga di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ini sebenarnya merupakan jalan penghubung antardesa yang membentang di lereng Gunung Merbabu.

Kondisi jalan mulus dari cor dan ada bagian yang lurus seolah bebas hambatan. Selain itu, lokasi jalan di lereng gunung dengan pemandangan indah dan seakan dekat dengan langit membuatnya mendapat julukan sebagai Tol Kahyangan.

Menuju Tol Kahyangan dapat dilakukan melalui Desa Banyuroto atau Desa Wonolelo karena jalan itu menghubungkan keduanya.

Namun, Kompas.com lebih menyarankan untuk menuju Tol Kahyangan melalui Desa Wonolelo karena jalannya lebih bagus.

Rute menuju Tol Kahyangan dari Boyolali

Dua kota terdekat untuk mencapai Tol Kahyangan di lereng Gunung Merbabu itu adalah Magelang dan Boyolali.

Jika dari Boyolali, maka jarak tempuhnya sekitar 3,2 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Menuju Tol Kahyangan dari Boyolali dapat dimulai dengan menyusuri jalan Magelang-Boyolali via Kecamatan Selo.

Terus ikuti jalan itu sampai Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, di Kabupaten Magelang. Sesampainya di kawasan Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu, belokan menuju Tol Kahyangan sudah tak jauh lagi.

Sekitar 750 meter kemudian, akan ada belokan tajam di kanan jalan. Tinggalkan jalan utama Magelang-Boyolali dan belok kanan di belokan tajam itu. Sudah ada banner bertuliskan Tol Kahyangan di sana.

Belokan itu ada sebelum gerbang masuk Air Terjun Kedung Kayang. Maka dari itu jika kamu berangkat dari Boyolali dan sudah melewati gerbang air terjun itu, maka kamu sudah kebablasan.

Selanjutnya, tinggal ikuti jalan desa itu sejauh sekitar 1,7 kilometer sampai di Tol Kahyangan.

Rute menuju Tol Kahyangan dari Magelang

Apabila memulai perjalanan menuju Tol Kahyangan dari Magelang, maka kamu juga harus memulai perjalanan dari jalan Magelang-Boyolali.

Dari Kota Magelang, berkendaralah ke selatan menuju Mungkid. Kemudian belok kiri (timur) memasuki jalan Magelang-Boyolali.

Jarak tempuh menuju Tol Kahyangan dari Kota Magelang adalah sekitar 29 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Selanjutnya, susuri jalan Magelang-Boyolali itu sampai di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Lurus sedikit dari pintu gerbang Air Terjun Kedung Kayang, belok kiri tinggalkan jalan Magelang-Boyolali.

Baik dari Magelang maupun Boyolali, itu merupakan belokan yang sama untuk menuju Tol Kahyangan.

Lebih baik lewat Wonolelo

Dari Magelang pun sebenarnya bisa menuju Tol Kahyangan dari Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan.

Namun, kondisi jalan kalau dari sana tidak terlalu bagus. Jalur masih cukup sempit dan terdiri dari jalur khas desa.

Perjalanan pun harus melalui tanjakan dan turunan tajam, sehingga cukup berbahaya bagi yang belum berpengalaman.

Jika lewa Wonolelo, jalan sudah cukup lebar dan cukup halus. Mobil pun bisa menjangkau Tol Kahyangan.

Seorang pedagang makanan-minuman di Tol Kahyangan bernama Kezia mengatakan bahwa tiap akhir pekan, pengunjung harus membayar tiket masuk.

"Sepeda seikhlasnya, motor Rp 2.000, dan mobil Rp 5.000," kata Kezia kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Selasa (14/9/2021).